TNI Ungkap Ada Baku Tembak dengan KKB Jelang Upacara HUT Ke-77 RI di Intan Jaya

Rabu, 17 Agustus 2022 13:46 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
TNI Ungkap Ada Baku Tembak dengan KKB Jelang Upacara HUT Ke-77 RI di Intan Jaya Tim gabungan tentara dan polisi mengejar kelompok bersenjata di Beoga Kabupaten Puncak, Papua. ©ANTARA/HO-Satgas Humas Ops Nemangkawi

Merdeka.com - Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengakui kelompok sipil bersenjata (KSB) sempat berupaya mengganggu pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dia mengatakan terjadi kontak senjata antara aparat keamanan dan KKB.

"Memang benar KSB, Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIT melakukan penembakan di sekitar Mamba, namun berhasil diatasi oleh aparat keamanan yang memang sudah bersiaga guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan," kata Taufan dilansir Antara, Rabu (17/8).

Namun, kata Taufan, KKB akhirnya berhasil dipukul mundur dan pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa berlangsung aman.

Ketika ditanya tentang upacara HUT RI di wilayah Korem 173/PVB, dia mengaku secara keseluruhan berlangsung aman dan tidak ada gangguan yang berarti.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT Ke-77 RI di Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Deiyai, Dogiyai dan Nabire berlangsung aman walaupun di Dogiyai sempat dilaporkan adanya pembakaran, namun tidak ada korban jiwa.

"Alhamdulillah upacara HUT Ke-77 RI di wilayah Korem 173/PVB berlangsung aman walaupun ada gangguan di beberapa wilayah," tutur Brigjen TNI Taufan.

KSB, sejak Selasa (16/8) melakukan penembakan di Kabupaten Intan Jaya, namun dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. [ray]

Baca juga:
KKB Bakar Barak Pemuda dan Olahraga di Intan Jaya Papua
Suplai Dana untuk Amunisi KKB Rp150 Juta, Kepala Kampung di Nduga Ditangkap
Polisi Akui Kesulitan Tangkap KKB Pemenggal Kepala Penambang Emas, Ini Kendalanya
Berhasil Dievakuasi, Penambang Emas Korban Pembunuhan KKB Dimakamkan Tanpa Kepala
Dua Aparat Kampung di Nduga Papua Ditetapkan DPO Kasus Jual Beli Amunisi KKB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini