TNI: Singapura dan Malaysia Konfirmasi Bantu Pencarian KRI Nanggala 402

Kamis, 22 April 2021 11:10 Reporter : Moh. Kadafi
TNI: Singapura dan Malaysia Konfirmasi Bantu Pencarian KRI Nanggala 402 Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad. ©2021 Merdeka.com/Kadafi

Merdeka.com - Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad menyampaikan, pihaknya belum bisa memastikan kondisi 53 kru di kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak. Proses pencarian terus dilakukan, termasuk bantuan dari Singapura dan Malaysia.

"Kita belum (bisa) memastikan dan kita belum ketemu posisi pastinya," kata Riad saat konferensi pers, di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (22/4).

Sementara untuk negara-negara yang konfirmasi ikut membantu pencarian Kapal Nanggala-402 sampai saat ini adalah Singapura dan Malaysia.

"Sementara yang confirm ada dua yang direncanakan. Dari Singapura dan dari Malaysia dan belum berangkat," tukasnya.

Namun, pihaknya menyatakan bahwa untuk negara-negara yang menawarkan untuk membantu ada banyak. Dari Amerika, Jerman, Prancis, Turki, India, Rusia serta Australia juga tetapi hal itu ada prosedurnya.

"Kita harus optimistis. Artinya optimistis dalam arti kata semua sumber daya yang ada. Peralatan ada, Indonesia juga punya peralatan tersebut yang mendeteksi bawa laut sampai 600 meter kedalamannya," ujarnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini