TNI Sebut Demo Manokwari Hingga Jayapura Buntut Peristiwa Surabaya dan Malang

Senin, 19 Agustus 2019 10:37 Reporter : Merdeka
TNI Sebut Demo Manokwari Hingga Jayapura Buntut Peristiwa Surabaya dan Malang Polisi berusaha amankan mahasiswa Papua di Surabaya. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat dan Jayapura, Papua, Senin (19/8). Suasana di Papua mencekam. Gedung DPRD Manokwari, Papua Barat, dibakar massa. Jalan menuju Bandara Sentani, Jayapura, diblokir massa yang melakukan aksi.

Rentetan aksi ini buntut dari insiden pengepungan asrama disertai tindakan rasisme dan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa waktu lalu.

"Efek Surabaya, Malang itu," Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Eko Daryanto saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/8).

Eko memastikan tidak terjadi kerusuhan di Jayapura. Hanya saja, massa memblokir jalan utama menuju Bandara Sentani.

"Sementara tidak ada aksi (pengerusakan), tapi sudah aksi penutupan jalan ke bandara," jelas dia.

TNI masih menunggu koordinasi dari kepolisian. TNI sudah bersiap untuk ikut mengamankan jalannya aksi.

"Kita siaga saja," ucap Eko.

Untuk diketahui, pada Sabtu (17/8), para mahasiswa asal Papua di Surabaya dievakuasi lantaran ada desakan sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas). Hal ini dipicu adanya kabar perusakan tiang berbendera merah putih, di lingkungan asrama.

Sebelum ini, perwakilan mahasiswa, anggota kepolisian, serta sejumlah anggota ormas sempat melakukan mediasi agar mereka meninggalkan asrama. Negosiasi pun berjalan alot hingga akhirnya polisi terpaksa melakukan evakuasi secara paksa.

Beberapa hari sebelumnya, aksi demonstrasi massa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Papua dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRIWP) di Kota Malang, Jawa Timur berujung rusuh. Massa terlibat aksi saling lempar dengan masyarakat di sekitar perempatan Rajabali arah Jalan Kahuripan.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini