TNI-Polri Pukul Mundur KKB Bakar 16 Rumah di Ilaga Papua

Kamis, 7 April 2022 20:50 Reporter : Bachtiarudin Alam
TNI-Polri Pukul Mundur KKB Bakar 16 Rumah di Ilaga Papua Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Personel Gabungan TNI-Polri telah berhasil memukul mundur para kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Kalenak Murib, pasca teror pembakaran sejumlah rumah di Kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, sejak Selasa (5/4) selama dua hari.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan jika para KKB akhirnya telah dipukul mundur usai terjadi kontak tembak selama 1 jam

“Personel gabungan berhasil memukul mundur Kelompok Kriminal Bersenjata yang diketahui merupakan Kelompok Kalenak Murib, mereka lari menyeberang kali belakang PT. UNGGUL menuju Ke Kampung Mundidok,” katanya dalam keterangannya, Kamis (7/4).

Dia mengatakan jika aksi komplotan KKB pimpinan Kalenak Murib telah membakar rumah warga di Kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Rabu (6/4), sekira pukul 16.40 WIT.

“Saat mendapatkan laporan kejadian, personel gabungan langsung menuju ke TKP, namun saat dalam perjalanan, personel ditembaki oleh Kelompok Kriminal bersenjata sehingga personel membalas tembakan dan terjadi kontak tembak,” ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Lebih lanjut Kamal menerangkan, selama dua hari berturut - turut KKB melakukan teror kepada masyarakat di Kabupaten Puncak

“Sebelumnya KKB juga membakar rumah warga di Kampung Kimak Distrik Ilaga Kabupaten puncak pada Selasa (5/4) sekira pukul 18.03 Wit," jelasnya.

Saat ini personel gabungan terus melakukan patroli di seputaran Kota Ilaga, guna mencegah terjadi serangan aksi teror susulan.

“Kehadiran TNI-Polri di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman tanpa adanya rasa takut atau teror yang dilakukan oleh KKB," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

16 Rumah Dibakar

Sebelumnya, KKB atau Kelompok Separatis Teroris (KST) terus menebar teror. Total 16 bangunan dan rumah di Kampung Kimak, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua, menjadi sasaran pembakaran.

"Selasa 1 (rumah) dan kemarin 15 (rumah dibakar)," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada merdeka.com, Kamis (7/4).

Serangan ini terjadi sejak Selasa Selasa (5/4) dan Rabu (6/4) kemarin. Sebelum api berkobar di hunian warga, terdengar bunyi letusan di kompleks tersebut.

"Iya (pembakaran) selasa sore dan kemarin sore. Korban jika tidak ada. Untuk rumah satu kawasan (yang dibakar)," sebutnya. [fik]

Baca juga:
Teror KKB di Ilaga Puncak Papua, Total 16 Rumah Dibakar
Tebar Teror, KKB Bakar Rumah Warga di Ilaga Puncak Papua
Janji Kasad Dudung, Jadikan Adik TNI Gugur di Papua Taruna Akmil
Tangis Pilu Kasad Bertemu Anak Sertu Eka yang Tewas Akibat Serangan KKB Papua
Ali Teu Kogoya, Anggota KKB Tewas Ditembak Satgas Damai Cartenz

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini