TNI Kirim APD ke Sejumlah Daerah dan Bentuk Dapur Umum Bersama Polri

Minggu, 19 April 2020 09:45 Reporter : Nur Habibie
TNI Kirim APD ke Sejumlah Daerah dan Bentuk Dapur Umum Bersama Polri TNI distribusikan bantuan APD ke daerah. ©Puspen TNI

Merdeka.com - Anggota TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengirim sejumlah alat pelindung diri (APD) dan masker dari Gugus Tugas Nasional ke Indonesia bagian Timur Ternate dan Maluku. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para medis di sejumlah daerah yang dianggap kurang.

Pengiriman barang-barang tersebut dilakukan pada Minggu (19/4) ke Maluku. Sedangkan untuk pengiriman ke Ternate dilakukan pada Sabtu (18/4) kemarin, dengan menggunakan pesawat TNI AU B737 dengan nomor penerbangan A. 7304 yang melalui rute dari Kupang, NTT langsung ke Ternate.

"Alat yang dibawa oleh pesawat TNI berupa APD (50 koli) dan masker 1.000 pieces sama untuk kedua Provinsi yaitu Ternate dan Maluku. Untuk Provinsi Ternate akan diterima langsung oleh Dinkes Provinsi Ternate. Sedangkan di Provinsi Maluku akan dijemput oleh pihak TNI yaitu Slog Kodam Pattimura dan Kesdam Pattimura. Rencana penyerahan ke Dinkes Provinsi Maluku oleh pejabat TNI di daerah yaitu Asops Kodam Pattimura yang direncanakan pada Senin (20 April 2020)," kata Gugus Tugas PP Covid-19 Komunikasi Publik Kolonel Inf Kristomei Sianturi dalam keterangannya, Minggu (19/4).

Tak hanya ke Ternate dan Maluku saja, pengiriman Alat Kesehatan (Alkes) Penanggulangan Covid-19 ini juga dikirim ke Aceh dan Lampung. Alkes yang dikirim ke Aceh dari Pusat penanggulangan Krisis Kemenkes yakni APD 150 pieces, Masker bedah 1.000 pieces, Masker N-95 200 pieces dan hand sanitizer 500 pieces. Sedangkan dari Diskesau untuk Lanud Iskandar Muda sebanyak 100 buah Rapid Test.

"Pada Sabtu siang (18/4) juga dikirim sejumlah APD melalui pesawat TNI AU dengan nomor pesawat A 2907 membawa APD sebanyak 40 box dan diterima langsung oleh BNPB Provinsi Lampung. APD tersebut setelah tiba di Lampung langsung didistribusikan ke sejumlah Kabupaten di seluruh Provinsi Lampung," ujarnya.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Pusat Krisis (Kapuskris) dan staf Kemenkes RI Kapuskris Budi Silpana, karena cepat dan tepat dalam mengirim dan mendistribusikan sejumlah Alkes itu di berbagai daerah dalam waktu beberapa hari terakhir ini.

"Alkes yang terdistribusi pada Sabtu (18/4/2020) telah berjalan lancar dan lebih terkoordinasi dengan baik oleh berbagai pihak, atas kerja sama yang dimotori oleh TNI baik di pusat dan daerah. Kemudian yang lebih penting dapat langsung tepat sasaran kepada unsur daerah yang membutuhkan Alkes tersebut. Kerja keras yang dilakukan oleh TNI dan sejumlah pihak terkait lainnya," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Distribusikan Makanan Siap Saji...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. TNI
  3. Polri
  4. Covid 19
  5. Virus Corona
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini