TNI gelar Penghargaan Inovasi Panglima

Minggu, 12 Oktober 2014 20:29 Reporter : Al Amin
TNI gelar Penghargaan Inovasi Panglima Gladir resik HUT TNI. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Masih dalam rangkaian HUT ke-69 TNI, Mabes TNI menggelar Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada individu atau tim, baik militer maupun sipil yang menciptakan dan mengembangkan produk inovatif.

"Penganugerahan inovasi Panglima TNI ini pertama kali dilaksanakan dan ini salah satu komitmen saya waktu fit and proper test di DPR," kata Moeldoko di Mabes TNI di Cilangkap, Minggu (12/10).

Jenderal bintang empat ini menambahkan, kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mencari sumber-sumber dari rekan TNI maupun masyarakat umum yang memiliki kepedulian tinggi atas inovasi.

"Khususnya di bidang alat utama dan non-alat utama," jelas Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, ia ingin membangunkan tradisi baru di tubuh TNI, yakni marwah disiplin, marwah teknologi dan marwah seni. Ketiga marwah tersebut merupakan gabungan dari kekuatan TNI.

"Jadi ada 3 kekuatan dasar yakni disiplin, hard power dan soft power, kalau tiga hal ini kita temukan di mana disiplin sebagai backbone TNI, teknologi nantinya akan kita kumpulkan seluruh rektor dan jajaran serta mahasiswa untuk berpikir keras untuk pengembangan alat militer TNI."

Peserta Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 terdiri dari 120 finalis Lomba Kreativitas Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Seleksi tahap I, 18 Agustus sampai 20 September 2014 seleksi tahap II, 1 sampai dengan 3 Oktober 2014 di Pusdiklat PNS Mabes TNI Jati Makmur.

Pada tahap kedua diseleksi 38 karya, dengan rincian 13 karya dari TNI AD, 7 karya dari TNI AL, dan 18 karya dari TNI AU. Dilanjutkan seleksi oleh dewan juri pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2014.

Jenis penghargaan ada 3, tiga penghargaan inovasi alutsista TNI, tiga penghargaan inovasi TNI non alutsista, dua penghargaan inovasi TNI dan Pemerintah Daerah. Dua penghargaan inovasi (ko-inovasi) TNI dan individu/ tim/ organisasi/ lembaga publik di luar TNI. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. TNI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini