TNI Canangkan Zona Integritas Bebas KKN di Pengadilan Militer Kupang

Kamis, 31 Januari 2019 11:15 Reporter : Ananias Petrus
TNI Canangkan Zona Integritas Bebas KKN di Pengadilan Militer Kupang TNI Canangkan Zona Integritas Bebas KKN di Pengadilan Militer Kupang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wujudkan transparansi dan bebas korupsi di Pengadilan Militer III-15 Kupang, Nusa Tenggara Timur, tiga matra Tentara Nasional Indonesia (TNI) yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL) menggelar pencanangan pembangunan zona integritas bersama.

Pencanangan zona integritas ini dilakukan dengan tujuan agar terwujudnya pengadilan militer yang bersih, bebas Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN), peningkatan kualitas pelayanan publik, serta transparan dalam memutuskan setiap perkara yang melibatkan kesatuan TNI.

Kepala Pengadilan Militer III-15 Kupang, Letkol CHK Adeng kepada merdeka.com mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud dari komitmen bersama, guna menyelenggarakan proses peradilan yang transparan dan akuntabel untuk menghindari terjadinya KKN.

"Sasaran ini hanya dapat dicapai dengan komitmen bersama dari seluruh anggota Dilmil III-15 Kupang untuk mewujudkannya, oleh karena itu saya selaku kepala Pengadilan Militer III-15 Kupang menekan dan mengajak kepada seluruh unsur pimpinan, para hakim, pegawai serta honorer untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam membangun dan menjaga zona integritas yang telah dicanangkan ini," ujarnya, Rabu (30/1).

Dia mengharapkan dukungan dari semua pihak baik kepala satuan, komuniti hukum TNI, maupun masyarakat untuk selalu mengawasi, mengkritik dan mengingatkan pihaknya agar selalu terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji dan merusak komitmen integritas tersebut.

Sementara itu, Komandan Detasemen Polisi Militer IX/1 Kupang Letkol CPM Dwi Bangun Wahyu Jatmiko menegaskan, proses hukum di Pengadilan Militer transparan, jika ada masyarakat melapor dirugikan atau apapun oleh anggota TNI, pasti akan ditindaklanjuti dengan jujur dan adil tidak memandang strata.

"Proses hukum di Pengadilan Militer transparan. Dalam proses hukum nantinya kita Denpom IX/1 Kupang menerima semua laporan, kita akan lakukan penyelidikan sesuai aturan yang berlaku, lalu kita serahkan berkas dan barang bukti ke Otmil jika sudah lengkap dan akan disidangkan serta diputuskan di Pengadilan Militer, begitu prosesnya dan kita transparan," ujarnya.

Dengan pencanangan zona integritas ini, Pengadilan Militer beserta tiga Matra TNI akan berkomitmen, untuk menentang perbuatan koruptif, dan menghindari makelar kasus sehingga terhindar dari perbuatan tidak terpuji di mata masyarakat sipil. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. TNI
  2. Kupang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini