KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

TNI AL akan bangun pangkalan kapal selam di Palu

Sabtu, 11 Agustus 2012 02:11 Reporter : Ramadhian Fadillah
kapal selam nuklir. shutterstock

Merdeka.com - TNI Angkatan Laut akan membangun pangkalan kapal selam di Teluk Palu, Sulawesi Tengah. Kondisi perairan di sana dinilai ideal untuk manuver kapal selam dan strategis untuk menjaga perairan sebelah timur Indonesia.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Palu Kolonel (P) Laut Boedi Utomo mengatakan, saat ini sudah tersedia lahan seluas 13 hektare.

"Tiga hektare di antaranya merupakan hibah dari pemerintah provinsi," kata Boedi Utomo, Jumat (11/8). Demikian dikutip dari antara.

Boedi menambahkan, saat ini pangkalan itu sedang dalam proses tahapan pembangunan. Dia mengatakan, Teluk Palu memiliki lebar 10 kilometer dengan lingkar garis pantai sepanjang 68 kilometer.

"Kedalaman teluk ini mencapai 400 meter. Sangat strategis. Ini teluk paling dalam di antara teluk yang ada. Kapal induk saja bisa berlabuh. Di Singapura saja itu hanya 25 meter, tidak bisa dilewati kapal induk," katanya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan, masyarakat sekitar lokasi pembangunan pangkalan selam di Watusampu mendukung rencana tersebut.

Indonesia juga sudah memesan tiga buah kapal selam dari Korea Selatan. Diharapkan secara bertahap, kapal selam itu akan siap digunakan tahun 2015. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. TNI AL
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.