TKN Jokowi Nilai Kasus Ratna Sarumpaet akan Politis Jika Tak Diproses Hukum

Jumat, 1 Maret 2019 14:34 Reporter : Sania Mashabi
TKN Jokowi Nilai Kasus Ratna Sarumpaet akan Politis Jika Tak Diproses Hukum Ratna Sarumpaet di Rutan. ©2019 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily menilai kasus dugaan penyebaran berita bohong oleh terdakwa Ratna Sarumpaet tidak politis. Menurutnya justru kasus itu akan politis jika tidak diungkap oleh polisi.

"Justru menurut saya kalau kasus ini tidak terungkap oleh proses hukum pasti akan terjadi politisasi terhadap kekerasan dan itu berbahaya sekali bagi demokrasi kita menjelang pilpres," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/3).

Ace mengatakan kasus Ratna harusnya bisa menjadi salah satu ujung tombak untuk memberantas hoaks. Serta akan lebih tidak baik lagi jika kasus tersebut dibiarkan saja alias tak diproses hukum.

"Saya enggak bisa bayangkan jika pada saat itu seorang Ratna Sarumpaet tidak ditahan oleh kepolisian dan dibuka kasusnya mungkin kasus kekerasan terhadap Ratna Sarumpaet akan menjadi bulan-bulanan politik," ungkapnya.

Politikus Partai Golkar ini juga membantah pihaknya mempolitisir kasus Ratna. Menurutnya, kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno yang melakukan politisasi.

"Misalnya yang saya sebutkan tadi soal konferensi pers bersama beberapa pendukung Prabowo juga mengatakan bahwa ini merupakan kasus kekerasan yang dilakukan oleh negara jadi menurut saya yang melakukan politisasi adalah mereka gitu," ucapnya.

Karena itu, Ace berharap semua pihak bisa menghormati proses hukum terkait kasus Ibunda Atiqa Hasiholan itu. Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera.

"Jadi menurut saya hal-hal semacam ini harus terungkap di pengadilan. Supaya apa? Supaya memiliki efek jera kepada siapapun jangan gampang menuduh jangan selalu merasa peluang kecil untuk menjatuhkan orang itu tanpa proses verifikasi kebenaran," tandasnya. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini