TKN Heran Prabowo Kritisi Penyelenggaraan Asian Games

Jumat, 1 Maret 2019 12:46 Reporter : Sania Mashabi
TKN Heran Prabowo Kritisi Penyelenggaraan Asian Games Pesilat Pipiet Kamelia raih emas. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menyayangkan pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mengkritisi perhelatan Asian Games 2018. Padahal, kata dia, penyelenggaraan Asian Games bisa membawa efek ekonomi untuk Indonesia.

"Tentu ada nilai manfaat ekonomi bagi proses pelaksanaan event-event internasional seperti begitu," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/3).

Selain itu, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games bisa menumbuhkan rasa percaya dunia internasional terhadap Indonesia. Serta memunculkan citra bahwa Indonesia sebagai negara besar.

"Dan dengan demikian orang akan melihat Indonesia sebagai sebuah negara besar," ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Ace, penyelenggaraan Asian Games juga menambah devisa negara. Karena banyak atlet dan media asing datang ke Indonesia.

"Tentu ini kan bisa menambah devisa buat negara dari kunjungan para negara-negara tersebut," ucapnya.

"Jadi menurut saya, saya tidak tahu ya apa yang menjadi dalam pikirannya seorang Prabowo mengatakan penyelenggaraan seperti Asian Games ini sebagai sebuah pemborosan gitu," katanya heran.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, sempat tidak setuju perhelatan Asian Games 2018 digelar di Indonesia. Namun mau tidak mau dia mendukung apalagi setelah cabang olahraga Pencak Silat menorehkan prestasi gemilang.

"Saya termasuk yang kurang setuju dengan kita menyelenggarakan Asian Games. Tapi sudah keputusan saya dukung. Pendukung pencak silat dan kita Alhamdulillah menyumbang medali emas yang terbanyak untuk Asian Games," kata Prabowo dalam sambutannya di acara dialog silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2).

Prabowo tak menjelaskan secara gamblang alasan tidak menyetujui digelarnya Asian Games. Dia justru memuji sikap Vietnam menolak penyelenggaraan Asian Games karena ingin fokus pada pembangunan dan ekonomi negaranya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini