Tjahjo Kumolo di Mata Gibran: Sosok Luar Biasa yang Rendah Hati

Jumat, 1 Juli 2022 19:15 Reporter : Arie Sunaryo
Tjahjo Kumolo di Mata Gibran: Sosok Luar Biasa yang Rendah Hati Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepergian Menpan RB Tjahjo Kumolo Tjahjo Kumolo untuk selamanya menyisakan duka mendalam. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut merasa kehilangan salah seorang tokoh luar biasa yang rendah hati.

"Ikut berbelasungkawa ya. Terakhir beliau datang ke Solo waktu musrenbang itu. Pak Tjahjo luar biasa. Memulai karier dari bawah banget, terakhir di partai sebagai sekjen. Senior," ujar Gibran saat ditemui di Lapangan Sriwaru, Laweyan, Jumat (1/7).

Gibran mengaku beberapa kali bertemu dengan Tjahjo Kumolo. Saat terakhir bertemu pada musrenbang bulan Mei lalu, banyak hal yang mereka bicarakan.

"Beliau sempat ngasih arahan masalah tenaga honorer. Tahun depan gimana? Saya jawab sudah dikondisikan, anggarannya aman," kenang Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi mengakui, kebijakan yang dikeluarkan Tjahjo berhasil mengubah dinamika di lingkungan pemerintah kota.

"Untuk kebijakan beliau yang terakhir ini sangat mengubah dinamika yang ada di lingkungan pemkot," katanya.

2 dari 2 halaman

Bertemu di Warung Soto

Gibran juga menceritakan pertemuannya dengan Tjahjo sebelum dirinya masuk ke dunia politik dan menjabat sebagai wali kota. Pertemuan bahkan dilakukan di warung soto.

"Sebelum saya masuk politik dulu pernah beberapa kali juga ketemu di warung soto. Biasa nyampur sama yang lain, humble banget orangnya. Sekelas menteri makan di warung soto, Soto Bati'ah. Beliau memang seneng banget jajan. Kalau pas jam istirahat kantor atau seminar beliau langsung ke Sate Kambing Bejo," kenangnya.

"Saya mewakili pemerintah kota turut berbela sungkawa. Semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," tutup Gibran. [yan]

Baca juga:
Wapres Ma'ruf Kenang Tjahjo Kumolo: Menteri Pekerja Keras, Sakit Masih Rapat
Gaya Santai Surya Paloh Tanpa Masker saat Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo
Pemakaman Tjahjo Kumolo Berlangsung Khidmat
Wapres Ma'ruf Amin Melayat Jenazah Tjahjo Kumolo
Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo, Ada Ruangan Khusus Penghargaan
Dirut PLN Kenang Tjahjo Kumolo: Pejuang yang Jadi Aset Bangsa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini