Tinjau Kebakaran Hutan, Sepatu Kotor Jokowi Jadi Sorotan Netizen

Rabu, 18 September 2019 15:09 Reporter : Syifa Hanifah
Tinjau Kebakaran Hutan, Sepatu Kotor Jokowi Jadi Sorotan Netizen Sepatu kotor Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan. ©2019 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Jokowi meninjau beberapa titik lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan Riau, Selasa (17/9) lalu.

Saat meninjau kebakaran, sepatu Jokowi malah menjadi sorotan netizen. Sebab, sepatu Jokowi terlihat kotor dan menjadi viral. Berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Sepatu Jokowi dan Para Menteri Kotor

Dalam foto yang diunggah akun instagram Pramono Anung, terlihat perbedaan sepatu Jokowi dan tiga orang menteri sebelum dan sesudah meninjau lokasi kebakaran hutan. Dalam foto pertama terdapat foto sepatu Presiden Jokowi dan tiga menteri yang masih bersih, pada foto kedua sepatu Presiden Jokowi dan tiga menteri sudah kotor.

Tiga menteri tersebut adalah Menko Polhukam Wiranto, MenPUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung.

"Sepatu sebelum, dan sesudah kunjungan ke daerah yg terbakar di Pelalawan Riau. Sepatu Presiden @jokowi, Menko Polhukam @wiranto.official, MenPUPR Basuki dan @pramonoanungw diatas Heli Kepresidenan, mana sepatuku? Yg paling kotor #penangananasap #kerjakerjakerja #riau," tulisnya.

2 dari 3 halaman

Banjir Komentar

Unggahan foto yang memperlihatkan sepatu Jokowi dan sepatu para menteri di akun Instagram Sekretaris Kabinet Pramono Anung banjir komentar. Ada komentar yang menuliskan jika unggahan sepatu kotor ini tidak separah kotornya paru-paru akibat kabut asap.

"Bs dicuci pak klo paru2 kotor gmn pak?," tulis salah satu komentar.

"Sepatu kotor mentri vs paru paru kotor warga yang terdampak dari kebakaran hutan wkwk mana yang lebih menyakitkan?,"

3 dari 3 halaman

Upaya Jokowi Atasi Kebakaran

Walau sepatu kotor Jokowi menjadi viral, kedatangan Jokowi meninjau lokasi kebakaran untuk memastikan penanganan kebakaran hutan. Bahkan Jokowi menyatakan akan mengerahkan segala upaya untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau.

"Segala usaha sudah dilakukan. Yang di darat (pemadaman) sudah semuanya, tambahan pasukan kemarin sudah saya perintahkan juga. Kemarin datang totalnya 5.600 (pasukan)," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru,Rabu (18/9).

Langkah yang dilakukan antara lain melakukan water bombing di lokasi karhutla dengan mengerahkan 52 pesawat. Cara lainnya, membuat hujan buatan di sekitar lokasi kebakaran.

"Sudah diterbangkan dan Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam," ungkap Jokowi.

Jokowi berharap upaya-upaya itu bisa mengurangi titik api. Namun agar tak menjadi sia-sia, katanya, di tengah langkah tersebut sangat diharapkan tidak ada lagi pihak melakukan pembakaran lahan gambut maupun hutan yang dapat menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan semakin meluas. [dan]

Baca juga:
Penampakan Kabut Asap Selimuti Singapura
Ini Tanggapan Anies Soal Bantuan Pemadam Karhutla Ditolak Riau
Walhi: Tidak Ada Upaya Pencabutan Izin Konsesi Lahan Terbakar Berulang Kali
Wiranto Lantik 4 Pejabat, Singgung Masalah Papua hingga Kebakaran Hutan
Selain Salat Istiska, Ini Upaya Warga & TNI-Polri di Sumsel Tangani Karhutla

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini