Tingkatkan Pengujian Sampel, Gugus Tugas Covid-19 Gandeng IDI, Bidan, dan Kementerian

Senin, 18 Mei 2020 16:05 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Tingkatkan Pengujian Sampel, Gugus Tugas Covid-19 Gandeng IDI, Bidan, dan Kementerian rapid dan swab test di Stasiun Bojong gede. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengatakan perlu adanya kerja sama antara laboratorium yang dimiliki kementerian atau lembaga lain. Hal tersebut bertujuan untuk peningkatan pemeriksaan spesimen Covid-19.

"Perlu ada peningkatan pembinaan dari kementerian/lembaga terhadap laboratorium yang ada di seluruh Indonesia agar peningkatan kualitas dan juga kuantitas hasil pemeriksaan spesimen bisa lebih baik lagi," jelas Doni usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo melalui siaran teleconference, Senin (18/5).

Termasuk kata dia yaitu menunjuk Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) sebagai koordinator mengumpulkan seluruh hasil-hasil laporan dari seluruh laboratorium. Tidak hanya Balitbangkes, pihaknya juga meminta bantuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk membantu meneliti sample.

"Termasuk juga melibatkan seluruh puskesmas yang ada di wilayah terdapatnya laboratorium tersebut. Serta bekerjasama dengan asosiasi bidan, terutama yang berkemampuan untuk menangani laboratorium. Termasuk juga rencana pemberian insentif bagi petugas laboratorium," kata Doni.

1 dari 1 halaman

Dia menjelaskan saat ini kementerian atau lembaga yang memiliki laboratorium yaitu Kementerian Kesehatan memiliki 14 laboratorium, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki 19 laboratorium. Sebagian besar kata Doni adalah milik perguruan tinggi.

Kemudian provinsi memiliki 19 laboratorium yaitu laboratorium kesehatan daerah, BUMN memiliki 2, BPOM memiliki 5. Selanjutnya, Kemenristek memiliki 2, Kementerian Pertanian memiliki 3. Lalu, Kementerian Agama 1, dan TNI 1, serta swasta 3 laboratorium.

"Total semuanya ada 69 laboratorium. Sedangkan masih terdapat 54 laboratorium lainnya yang dalam proses untuk peningkatan dan memulai operasional," jelas Doni. [bal]

Baca juga:
Maksimalkan Tes Swab, Pemda DIY Ajukan Tambahan Laboratorium Covid-19
Camat Tambora Gelar Tes Swab Massal Setelah 30 Warga Terpapar Covid-19
Jabar Klaim Punya Alat Baru Pendeteksi Virus, Lebih Akurat dan Murah
Layanan Swab Test Drive Thru untuk Deteksi Covid-19
Dua Pedagang Pasar Jadi OTG, Ini 5 Skema Baru Penanganan Covid-19 di Bekasi
Pemprov DKI Lakukan Tes PCR 2.886 Orang, 55 Dinyatakan Positif Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini