'Tingkat kejahatan cyber di Indonesia nomor satu di dunia'

Sabtu, 4 April 2015 16:05 Reporter : Putri Artika R
'Tingkat kejahatan cyber di Indonesia nomor satu di dunia' cybercrime. © Isnblog.ethz.ch

Merdeka.com - Tingkat kejahatan cyber di Indonesia merupakan yang paling tinggi di dunia. Kejahatan cyber di Indonesia mengalahkan China yang menduduki peringkat dua.

"Sekarang Indonesia menjadi negara yang traffic cyber crime-nya tertinggi, sebanyak 40 persen, nomor dua Tiongkok, 38 persen," ujar Pengamat Cyber Fami Fahruddin dalam diskusi Perspektif Indonesia SMART FM di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (4/4).

Fami mengatakan jenis kejahatan cyber yang terjadi bermacam-macam Dari penjebolan institusi keuangan, penyebaran virus, dan peretas situs pemerintah. Untuk itu, Fami meminta pemerintah harus bertindak serius menangani kejahatan cyber ini dengan membuat peraturan tentang keamanan dunia cyber secara rigid, bukan hanya memblokir situs tersebut.

"Saya lebih tertarik diperlukannya pemerintah lebih serius mendalami kriteria-kriteria untuk melakukan pemblokiran sebuah situs,lebih rigid tidak faktor like and dislike faktor mute, paham radikalisme kan tidak bisa dibincangkan bahwa itu tidak boleh disebarluaskan," ujar Fami. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Cyber Crime
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini