Tinah Marlenah Nyanyikan Lagu 'Bung Karno Putro Fajar' untuk Gus Ipul

Rabu, 14 Maret 2018 07:14 Reporter : Fahmi Azis
Tina Marlenah bernyanyi untuk Gus Ipul. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ngatinah (62 tahun) warga Karangrejo Wonokromo, Surabaya, punya cara sendiri menyambut dan mendukung Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Wanita yang berprofesi sebagai penyanyi ludruk ini mempersembahkan lagu "Bung Karno Putro Fajar' khusus untuk Gus Ipul.

Sebelumnya, Gus Ipul tengah bertemu dengan kelompok masyarakat Surabaya yang tergabung dalam Keluarga Besar Bendera Arek-Arek Suroboyo (PBAS) di sekretariatnya beralamag Pulo Wonokromo, Surabaya, Selasa (13/3). Dalam pertemuan itu, Gus Ipul menyapa sekaligus berdialog langsung dengan masyarakat.

Berbagai aspirasi disampaikan, dimulai dari permintaan untuk kembali menggratiskan pendidikan SMA/SMK kembali di Surabaya hingga masalah infrastruktur jalan. Tidak seperti yang lainnya, Ngatinah yang punya nama panggung 'Tinah Marlenah' ini justru mengingatkan Gus Ipul untuk meniru bagaimana Bapak Presiden RI Soekarno (Bung Karno) memimpin bangsa Indonesia.

"Karena Bung Karno landasan sebagai presiden pertama bangsa ini. Beliau tidak mendahulukan kepentingannya sendiri, melainkan kepentingan rakyat," ujar pemain ludruk yang tergabung di Komunitas Krisno Budoyo THR Surabaya.

Ia melihat sosok Gus Ipul tidak hanya figur agamis, namun juga nasionalis. Itu terbukti Gus Ipul juga konsen dengan perihal kesenian dan kebudayaan, dan menghargai perbedaan baik etnis, suku dan agama di kalangan masyarakat. Sehingga yakin, Gus Ipul bersama cucu Bung Karno, Puti Guntur Soekarno mampu memimpin Jawa Timur lebih makmur.

Terakhir, sebagai bentuk dukungan kepada keponakan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, Tinah menyanyikan tembang lawas berjudul "Bung Karno Putro Fajar" ciptaan Anang Cunkrink, khusus untuk Calon Gubernur Gus Ipul.

Bung Karno putro fajar
Cahyane amadhangi pertiwi
Loro lopo mbelo bongso
Ameh merdiko lilo belo pati

Bung Karno bapak bongso
Satuhu ngayomi pro kawulo
Kang andudak pancasila
Dasar negoro filsafate bongso

Bung Karno kembang jagad
Anggodo arum ngebaki pertiwi
Sesorahe kebak doyo
Nggugah semangat kawulo sak negeri

Bung Karno ploklamator
Tonggake sejarah kamardikan
Penyambung lidah rakyat
Trah presiden kang sepisan [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini