Tim SAR Gabungan Temukan Lagi 1 Korban Longsor di Cimanggung Sumedang

Rabu, 13 Januari 2021 14:02 Reporter : Ya'cob Billiocta
Tim SAR Gabungan Temukan Lagi 1 Korban Longsor di Cimanggung Sumedang Kondisi bencana longsor di Sumedang. ©Timur Matahari/AFP

Merdeka.com - Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan menemukan dan mengevakuasi lagi satu korban longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/1). Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, korban itu ditemukan pada pukul 09.00 WIB. Dengan begitu, kini sudah ada 17 orang yang ditemukan tewas dalam peristiwa longsor itu.

"Tim SAR Gabungan menemukan satu korban bernama Ahmad Yani (32) dalam keadaan meninggal dunia," kata Deden. Dikutip dari Antara.

Korban ditemukan tertimbun tanah di dekat bangunan yang berada di lokasi longsor. Kini petugas SAR masih mencari 23 orang yang masih dinyatakan hilang usai adanya peristiwa longsor itu.

Adapun tubuh korban dievakuasi menggunakan kantong jenazah dan dibawa ke fasilitas medis setempat guna proses identifikasi.

Pencarian lanjutan korban longsor pada Rabu ini dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Adapun pencarian dibagi ke tiga sektor, yakni perumahan, sekitar masjid, dan sekitar lapang voli.

Selain itu proses pencarian dibagi ke dalam dua sif untuk membagi kekuatan personel dalam menjalankan tugasnya guna tetap prima.

"Adapun sif 1 yaitu dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, sedangkan sif 2 dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB," tutur Deden.

Sebelumnya, sebanyak 16 korban meninggal akibat longsor berhasil ditemukan dan diidentifikasi. Kepala BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan, 16 orang jenazah tersebut merupakan hasil pencarian korban yang dilakukan sejak Sabtu (9/1). Selain korban jiwa, ia mencatat ada 14 orang yang luka ringan dan 4 orang luka berat.

"Sampai tadi malam jam 24.00 WIB, total kita sudah menemukan korban meninggal dunia itu 16 orang. Petugas masih mencari 24 korban yang dilaporkan oleh keluarganya hilang dan perkiraan kita itu tertimbun di lokasi," kata dia, Selasa (12/1). [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
  3. Sumedang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini