Tim SAR gabungan masih belum temukan FDR pesawat Sukhoi

Selasa, 29 Mei 2012 01:02 Reporter : Yulistyo Pratomo
Pencarian korban sukhoi. merdeka.com/REUTERS / Beawiharta

Merdeka.com - Pencarian flight data recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan pesawat masih belum membuahkan hasil. FDR merupakan salah satu bagian kotak hitam yang terpasang di ekor pesawat Sukhoi Superjet 100.

Meski demikian, tim gabungan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Paskhas TNI AU masih melakukan pencarian di kawasan Gunung Salak, Bogor.

"Tim dari KNKT dan Paskhas TNI saat ini sedang melakukan pencarian FDR di lokasi jatuhnya pesawat," kata Danrem 061 Suryakencana, Kolonel (Inf) AM Putranto kepada wartawan, di Sukabumi, Senin (28/5), seperti yang dikutip dari Antara.

Putranto menyatakan, proses pencarian akan terus dilakukan hingga benar-benar ditemukan. Pasalnya, benda itu dinilai sangat penting guna mengungkap kejadian sebelum kecelakaan terjadi.

"Pencarian belum membuahkan hasil, tim yang sudah di lokasi saat ini terus berusaha mencari bagian terpenting dari kotak hitam tersebut," tambahnya.

Selain melakukan pencarian FDR, tim gabungan juga berencana mengevakuasi tiga jenazah yang ditemukan warga sekitar. Tim evakuasi ini merupakan gabungan dari TNI, Polri, pecinta alam, polisi hutan.

Tim itu akan berangkat sekitar pukul 05.00 WIB dan dilepas secara resmi untuk evakuasi dari Pos Murbay Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

"Kami akan melakukan evakuasi pada Selasa pagi, kami pun membawa warga sebagai penunjuk arah karena seperti diketahui 13 warga Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi menemukan bagian jasad korban yang belum terevakuasi," kata Putranto. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Sukhoi Hilang
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.