Tim Penyelam Cari Sriwijaya Air: Visibility Terbatas Hanya 20 Cm

Kamis, 21 Januari 2021 11:34 Reporter : Merdeka
Tim Penyelam Cari Sriwijaya Air: Visibility Terbatas Hanya 20 Cm Perpanjang Status Pencarian Sriwijaya Air SJ-182. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Perwakilan Tim Penyelam dan unsur KRI di daerah operasi SAR, Letnan kolonel Laut Faruq Deddy, mengonfirmasi kesulitan dialami timnya di lapangan. Selain ombak tinggi dan kencang, jarak pandang atau visibility di lapangan sangat terbatas.

"Visibility penyelam terbatas di atas mau pun di bawah air," kata Faruq di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/1).

Dia melanjutkan, dalam beberapa hari terakhir, jarak pandang hanya berkisar 10-20 cm saja, dengan ketinggian ombak hingga 2 meter.

"Bahkan sempat hanya 10-20 cm, gelombang juga tinggi sampai 2 meter, arus di bawah laut juga kuat jadi itu yang menghambat pencarian di situ," jelas dia.

Karena situasi yang tidak mendukung pencarian, ditambahkan Direktur Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Brigjen Rasman MS Tim SAR gabungan tidak akan memaksakan pencarian jika cuaca masih buruk. Karenanya, tim penyelam di lapangan pagi ini masih belum beroperasi.

"Rekan kita di lapangan masih tidak ada yang turun dan kapal kita berlindung di tempat aman," jelas dia dalam kesempatan yang sama.

Diketahui, Pesawat Sriwijaya Air SJ182 hilang kontak Pesawat hilang kontak pukul 14.40 WIB, sesaat setelah lepas landas pukul 14.36 WIB di sekitar perairan Kepulauan Seribu usai lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu sore, 9 Januari 2021.

Pesawat SJ 182 rute Jakarta-Pontianak ini mengangkut 62 orang yang terdiri dari 50 penumpang (terdiri dari 40 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi), 12 kru.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini