Tim dokter sebut hasil pemeriksaan Bupati Ovi tidak direkayasa

Selasa, 15 Maret 2016 20:45 Reporter : Irwanto
Tim dokter sebut hasil pemeriksaan Bupati Ovi tidak direkayasa Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Noviadi. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pernyataan pedas dari Kepala badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso tentang hasil pemeriksaan kesehatan Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Noviadi alias Ovi yang direkayasa, membuat tim dokter Rumah Sakit Moehammad Husin (RSMH) Palembang angkat bicara. Mereka mengaku cukup terusik dengan tudingan tersebut.

Ketua tim dokter pemeriksa pasangan calon Pilkada Sumsel dr Rita Dewi Mustika Susilawati mengungkapkan, hasil pemeriksaan kesehatan terhadap Ovi tidak ada direkayasa. Tim dokter yang berjumlah 25 orang melakukan tugas secara profesional dan sesuai prosedur.

"Tidak ada rekayasa. Hasilnya sesuai dengan ketentuan," ungkap Rita, Selasa (15/3) malam.

Saat pemeriksaan berlangsung di RSMH Palembang pada Juli 2015, kata dia, Ovi bersama calon lain tetap menjalani sejumlah tahapan baik pemeriksaan jasmani maupun penunjang. Tahapan awal, seluruh pasangan diarahkan ke laboratorium untuk mengambil spesimen urine.

"Yang pertama itu tes urine baru tes-tes lain, termasuk pemeriksaan psikometri," ujarnya.

Menurut dia, kemungkinan melakukan kecurangan dengan berbagai cara oleh calon sangat kecil. Sebab, saat berada di dalam toilet, calon dijaga seorang perawat. Sedangkan toilet tersebut tidak ditutup dan terlihat dari luar.

"Kalau menukar urine atau mencampur dengan air biasa kemungkinannya sangat kecil," kata dia.

Setelah proses pemeriksaan rampung, 25 dokter pemeriksa menggelar rapat pleno untuk memutuskan hasilnya. Hasil ini kemudian diserahkan ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumsel dan selanjutnya menjadi rekomendasi kepada KPUD masing-masing.

"Rekomendasi itu tidak disebutkan penyakit si calon, kami hanya sebutkan layak atau tidak memenuhi persyaratan," pungkasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini