Tim 9 & KY bahas teror pegawai KPK dan hakim praperadilan kasus BG

Rabu, 11 Februari 2015 19:23 Reporter : Nurul Tirsa Sari
Tim 9 & KY bahas teror pegawai KPK dan hakim praperadilan kasus BG Tim 9 bertemu KY. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim 9 sore tadi menemui komisioner Komisi Yudisial (KY) di Kantor KY, Jakarta. Mereka membahas soal teror yang belakangan diterima oleh pegawai KPK dan Sarpin, hakim tunggal praperadilan kasus Komjen Budi Gunawan.

"Pertemuan ini dalam rangka membicarakan pihak hakim tunggal yang didapat teror-teror. Dan tujuannya agar KY bisa menjaga kinerja hakim dan dengan cara kami akan berusaha menjaga hakim dari teror-teror," ujar Wakil Ketua KY, Imam Anshori Saleh, usai pertemuan, Rabu (11/2).

Hadir dari Tim 9 yakni Jimly Asshiddiqie, Tumpak Hatorangan Panggabean, Hikmahanto Juwana, Imam Prasodjo dan Bambang Widodo Umar.

Jimly mengatakan teror juga diterima sejumlah karyawan KPK. Hal ini dia dapat dari keterangan sejumlah karyawan saat mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mendatangi Gedung KPK.

"Kami dapat banyak keluhan dari karyawan (KPK), mereka mulai ada teror, intimidasi," kata Jimly.

Sementara itu, dari keterangan pihak KY, Jimly mengatakan, pihaknya diyakinkan bahwa hakim tunggal yang memimpin sidang kasus Budi Gunawan mempunyai rekam jejak yang baik.

"Dan mudah-mudahan hakimnya bisa dijaga kehormatannya oleh KY. Dan pertemuan ini sangat mengesankan karena KY sangat responsif dan akan mengambil langkah serius untuk jaga hakim," kata Jimly.

Hikmahanto mengatakan, semua tindakan yang dilakukan pihaknya ini semata-mata agar sidang praperadilan berjalan kondusif.

"Kami tidak ingin mengintervensi segala putusan dari hakim. Hakim harus dapat kenyamanan dan confident dalam menjalani tugasnya," ujar Hikmahanto. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini