Bertemu di Yogyakarta, Ini Tiga Pesan Ketua Umum Muhammadiyah untuk Kapolri Sigit

Jumat, 19 Februari 2021 19:00 Reporter : Purnomo Edi
Bertemu di Yogyakarta, Ini Tiga Pesan Ketua Umum Muhammadiyah untuk Kapolri Sigit Kapolri Listyo Sigit bertemu Ketum PP Muhammadiyah. ©istimewa

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Purnomo mendatangi Kantor PP Muhammadiyah yang ada di Yogyakarta, Jumat (19/2). Kedatangan Kapolri ini untuk bersilaturahmi dengan Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Haedar menyebut kunjungan Kapolri ini merupakan bagian dari menyambung silaturahmi. Sebelumnya pada Jumat (29/1) Kapolri sempat bersilaturahmi dengan Haedar Nashir di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta,

Haedar menerangkan kedatangan Kapolri juga memperkenalkan program dan langkah pokok yang memerlukan sinergi dengan Muhammadiyah.

Haedar menerangkan ada tiga hal yang disampaikan Muhammadiyah ke Kapolri. Pertama, kata Haedar, di era pandemi Covid-19, Muhammadiyah bersama jajaran Kepolisian RepubliK Indonesia dengan porsi dan peran masing-masing membangun jaringan untuk meningkatkan ikhtiar mengatasi pandemi Covid-19.

"Kedua, kami mendiskusikan dan menyatukan visi bagaimana Muhammadiyah dan Kapolri bersama jajaran kepolisian di seluruh Republik Indonesia serta seluruh komponen pemerintah dan komponen bangsa meningkatkan usaha bersama untuk merekat persatuan bangsa," ujar Haedar.

Haedar menjelaskan kepada Kapolri peran-peran kebangsaan di bidang sosial, pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan yang melintas batas untuk semua warga bangsa. Muhammadiyah sebagaimana dituturkan Haedar berupaya terus merajut persatuan dan menjaga kebhinekaan.

"Bahkan kami sampaikan di kawasan di mana Muhammadiyah dan umat Islam minoritas, tidak ada kendala bagi Muhammadiyah untuk hadir dengan peran-peran yang bersifat memberdayakan, memajukan, dan menyatukan kehidupan bangsa sebagaimana di Indonesia bagian timur," tutur Haedar.

"Ketiga, kami mendiskusikan di era media sosial ini bagaimana Muhammadiyah dan jajaran kepolisian terus melakukan edukasi untuk ketertiban dan keamanan serta kehidupan yang bisa saling toleran satu sama lain di tengah keragaman," pungkas Haedar. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini