Tiga Pasien Positif Virus Corona di Kota Malang Sembuh

Minggu, 29 Maret 2020 13:43 Reporter : Darmadi Sasongko
Tiga Pasien Positif Virus Corona di Kota Malang Sembuh Virus Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Tiga orang pasien positif Covid-19 asal Kota Malang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Dua orang secara bersamaan dinyatakan sembuh Sabtu (28/3), sementara satu orang lagi sudah pulang seminggu lalu, Sabtu (21/3).

Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menyampaikan, dua pasien positif yang dipulangkan telah menjalani perawatan di rumah sakit sekitar dua pekan dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Belakangan pasien tersebut diketahui positif Covid-19, karena memang butuh beberapa waktu untuk mengetahui hasil tes seorang pasien.

"Kita bersyukur karena PDP positif Kota Malang sudah dinyatakan sembuh. Namun demikian kesemuanya tetap dalam pantauan dan tetap kita minta untuk isolasi mandiri dulu, artinya aktivitas di rumah saja. Begitu pun demikian dengan kontak erat, dalam hal ini dengan keluarga," kata Nur Widianto

Sementara PDP yang masih dirawat intensif berjumlah 6 orang. Masing-masing dua pasien di RS Lavalette, dua pasien di RKZ dan satu pasien masing-masih di RSUD Kota Malang dan RS Prima Husada. Sedangkan PDP yang meninggal dunia tercatat 2 orang, yakni pasien RS Saiful Anwar dan RKZ.

Hingga saat ini, jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) total 156 orang yang terdiri dari 90 orang warga Kota Malang dan 48 orang ODP dari kalangan tenaga kesehatan. Sementara 18 orang dinyatakan sudah bebas dari status ODP karena sudah melewati masa pantau dan kondisinya membaik.

1 dari 1 halaman

Wiwid berpesan pada masyarakat Malang agar mematuhi imbauan untuk social distancing (jaga jarak interaksi), activity at home (aktivitas di rumah), physical distancing (batasi kontak orang per orang) dan menjaga pola hidup sehat.

"Karena yang dinyatakan sembuh itu juga karena peningkatan secara bertahap daya imunnya. Corona bisa disembuhkan, tapi lebih baik dan lebih utama tidak hadir kepada kita semua," jelasnya.

Sementara itu, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Malang berjumlah lima orang dan satu di antaranya meninggal dunia pada 14 Maret 2020. Hingga saat ini, angka di Kabupaten Malang menempati posisi tertinggi di banding Kota Malang dan Batu. Kota Batu sendiri tercatat satu orang dinyatakan positif Covid-19. [ray]

Baca juga:
Perangkat Desa Gunungwuled Purbalingga Beri Intensif ke 90 ODP Virus Corona
Pasien Virus Corona di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Berjumlah 387 Orang
Dua PDP dari Solo dan Semarang Dinyatakan Sembuh
Update Kasus Virus Corona di Tangsel: 238 ODP, 110 PDP dan 28 Positif
PSI Sarankan Presiden Jokowi Keluarkan Keppres Libatkan TNI Tangani Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini