Tiga dimensi puasa yang sempurna

Selasa, 30 Mei 2017 18:01 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Tiga dimensi puasa yang sempurna Muslimah di AS jalani Ramadan. ©REUTERS/Gabriela Bhaskar

Merdeka.com - Ramadan bulan suci dan penuh ampunan. puasa tidak hanya menahan haus dan lapar tapi juga menahan hawa nafsu. Dengan puasa akan menuju kebersamaan yang seiman, seperasaan dan sepenanggungan. Sehingga mendorong umat muslim untuk melakukan solidaritas jiwa, menciptakan kasih sayang terhadap yang lemah atau kurang mampu.

Dengan begitu umat muslim akan memberikan sebagian harta mereka dalam bentuk makanan, infaq, sodaqoh. Allah juga memerintahkan bagi yang mampu untuk membayar zakat.

Dikutip dari buku Kesempurnaan Ibadah Ramadan karangan Abdul Manan bin Haji Muhammad Sobari, menjelaskan bahwa puasa itu mempunyai tiga dimensi.

1. Dimensi ritual

Puasa memiliki aturan (syarat, rukun) tertentu yang ditetapkan oleh syara' yang harus dipenuhi.

2. Dimensi sosial

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, namun harus menahan diri dari segala hal yang merusak di masyarakat. Oleh karena itu, puasa yang sempurna selain menahan diri dari makan, minum dan nafsu seksual tapi mesti juga menahan diri dari perbuatan keji, dan merusak sosial, menahan nafsu, menahan lidah dari perkataan yang melukai orang lain.

3. Dimensi emosional

Seperti tersebut dalam hadist Nabi Muhammad SAW, bahwa pemuda yang sudah masanya menikah tapi belum mampu maka dianjurkan puasa. Hal ini berarti kaitannya dengan emosional.

Rasulullah SAW bersabda, "Wahai para pemuda! siapa di antaramu sudah sanggup menanggung kewajiban maka hendaklah kawin dan siapa yang belum sanggup maka hendaklah berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu menahan nafsu." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam tingkatan sufi, orang yang berhasil puasanya tidak akan terikat dan tergantung oleh hal-hal yang bersifat bendawi. Islam membina kehidupan manusia yang diawali dengan tauhid. Dari tauhid tumbuh iman dan akidah yang kemudian membuahkan amal ibadah dan amal saleh. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Lentera Ramadan
  2. Jakarta
  3. Ramadan 2017
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini