Tiga Daerah di Riau Dinyatakan Bebas Penularan Covid-19

Jumat, 22 Mei 2020 22:17 Reporter : Abdullah Sani
Tiga Daerah di Riau Dinyatakan Bebas Penularan Covid-19 Gubernur Riau Syamsuar. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan ada 2 daerah dikategorikan tidak terjadi penularan positif Covid-19, yakni Rokan Hilir dan Kuantan Singingi yang hingga saat ini tidak ada kasus positif. Dua kabupaten itu sudah dicatat oleh gugas tugas pusat.

Namun, Syamsuar mengusulkan satu daerah lainnya yaitu Rokan Hulu untuk dijadikan daerah bebas dari penyebaran Virus Corona. Sebab, di daerah tersebut, ada satu pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh sejak dua bulan lalu, dan tidak ada penambahan kasus baru.

Sehingga, 3 dari 14 daerah di Riau dinyatakan tidak terjadi penyebaran Virus Corona hingga saat ini. Sedangkan daerah lainnya, yakni 11 kabupaten di Riau masih terjadi penyebaran Covid-19.

"Sudah direkomendasikan oleh Menteri Perekonomian, dan saya juga sudah minta izin dengan ketua gugus tugas pusat, agar kiranya ditambahkan lagi yaitu Kabupaten Rokan Hulu sebagai daerah bebas dari penyebaran Covid-19," ujar Syamsuar Jumat (22/5).

Syamsuar mengatakan, di Rokan Hulu yang positif Covid-19 terdapat satu orang, tetapi setelah sembuh yang sudah lebih hampir dua bulan. Rokan Hulu masih bisa mempertahankan sehingga tidak terjadi penambahan kasus positif.

"Jadi karena itu kami memasukan Rokan Hulu yang sampai saat ini bisa mengatasi pengembangan dan penularan Covid-19 sehingga di Riau ada tiga daerah aman dari penularan," kata Syamsuar.

1 dari 1 halaman

Syamsuar menjelaskan, untuk Kuantan Singingi juga sebelumnya terdapat kasus positif yang kemudian sembuh dan mampu mempertahankan sehingga tidak terjadi perkembangan penularan. Dan terakhir Rokan Hilir sama sekali tidak ada penyebaran kasus positif Covid-19.

"Hingga saat ini Rokan Hilir tidak ada yang positif Covid-19, hal ini terjadi karena petugas tentunya melaksanakan pengawalan dan pengawasan, baik ODP dan PDP serta pengawalan ketat di daerahnya masing masing," kata Syamsuar.

Menurut Syamsuar, membuat check point untuk menjaga wilayah dari orang yang keluar masuk, maka keberhasilan kepala daerah hingga saat ini bisa menekan penularan Covid-19.

"Mudah-mudahan bisa mempertahankan dan kami siap untuk menjalankan amanah kebijakan dari Gugus Tugas Pusat," ucap Syamsuar.

Syamsuar juga mengatakan di daerah terinfeksi ada juga sejumlah kecamatan dan desa-desa yang lebih aman. "Tentunya menjadi perhatian kepala daerah untuk berlomba-lomba baik mempertahankan protokol kesehatan sekaligus menjaga dari perkembangan penularan Covid-19," tandasnya. [ray]

Baca juga:
Rajin Olahraga, Wanita Hamil 8 Bulan di Palembang Sembuh dari Covid-19
Jelang Lebaran, Wakil Ketua MPR Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Covid-19
Bertambah 5 Pasien, Total 100 Orang Sembuh dari Corona di Kaltim
Penjelasan Wali Kota Risma Soal Angka Kasus Covid-19 Melonjak di Surabaya
Anies: Tidak Ada Zona Merah Kuning Hijau di Wilayah Jabodetabek, Semua Sama

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini