TGPF Intan Jaya Temukan Keterlibatan KKB di Kasus Penembakan 2 Personel TNI & Sipil

Rabu, 21 Oktober 2020 14:11 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
TGPF Intan Jaya Temukan Keterlibatan KKB di Kasus Penembakan 2 Personel TNI & Sipil Mahfud MD. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan adanya keterlibatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam pembunuhan 2 personel TNI dan seorang warga sipil bernama Badrawi. Hal tersebut berdasarkan temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) penembakan di Intan Jaya, Papua.

"Informasi dan fakta-fakta yang dihimpun tim di lapangan, menunjukkan dugaan keterlibatan KKB dalam peristiwa pembunuhan terhadap dua aparat ini sudah benderang kita sebut dugaan karena belum pro justicia," kata Mahfud dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (21/10).

Dua personel TNI yang gugur pada kejadian itu yakni Serka Sahlan dan Pratu Dwi Akbar Utomo.

"Kita sebut dugaan tapi karena belum pro justitia jadi kita sebut dugaan, yakni dua bernama Serka Sahlan pada tanggal 17 September 2020 dan Pratu Dwi Akbar Utomo pada tanggal 19 September 2020," kata dia.

"Demikian pula terbunuhnya seorang warga sipil atas nama Badawi pada tanggal 17 September 2020," sambung Mahfud.

Kemudian, yang menyangkut hukum administrasi negara, Mahfud menyerahkan ke institusi terkait untuk diselesaikan. Kemudian, mengambil tindakan-tindakan yang sesuai dengan hukuman yang berlaku dengan hukum administrasi negara Indonesia.

Mahfud Rekomendasi TNI-Polri Isi Daerah Kosong di Papua

Selain itu, sejalan ini dengan temuan ini, Mahfud merekomendasikan kepada pemerintah yaitu kepada Presiden, TNI dan Polri, agar daerah-daerah yang masih kosong dari aparat pertahanan dan keamanan yang sifatnya organik supaya dilengkapi.

"Jadi di sana masih banyak daerah daerah yang tidak ada aparatnya, karena ada yang merangkap dua daerah, ada yang masih kosong dan sebagainya, ini untuk menjamin keamanan supaya dilengkapi," ungkapnya.

Dengan demikian, kata dia, tugas TGPF yang dibentuk dengan Surat Keputusan Menkopolhukam Nomor 83 tahun 2020 dinyatakan selesai. Berikutnya atau hari ini juga diserahkan ke Polri, TNI dan BIN sebagai bahan untuk langkah penyelidikan lebih lanjut.

Baca Selanjutnya: Untuk diketahui TGPF Intan Jaya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini