Testimoni Penyintas Kepada LPSK

Kamis, 22 November 2018 16:23 Reporter : Ahda Bayhaqi
Testimoni Penyintas Kepada LPSK LPSK. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyelenggarakan 10 tahun akuntabilitas LPSK di Gedung Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Kamis (22/11). Dalam kesempatan itu salah seorang penyintas menyampaikan testimoni.

Sucipto Hari Wibowo menjadi perwakilan penyintas yang ditolong LPSK. Sucipto adalah korban bom Kedubes Australia pada 2004 silam.

Dalam testimoni itu, Sucipto menyampaikan harapan agar LPSK menjadi rumah besar bagi korban.

"Seluruh korban terorisme berharap atau menginginkan LPSK menjadi rumah besar bagi seluruh korban terorisme khususnya dan seluruh korban aksi kekerasan pada umumnya," kata Sucipto.

Para penyintas berpesan supaya LPSK terus mampu melindungi dan membantu korban dengan segala empati yang dimiliki. Serta diharapkan orang-orang LPSK memiliki jiwa humanis.

"Kita butuh orang punya empati tinggi kepada korban semoga ke depan ditingkatkan. Ada karakter humanis sehingga korban jadi hal terpenting bagi LPSK," ucapnya.

"LPSK berperan dalam menemukan karakter para korban bisa berubah mensjdi penyintas baik lahir batin," lanjut Sucipto.

Dia pun meminta pemerintah juga turut aktif menolong para korban. Tak cuma berbentuk kompensasi material.

"Agar segera terselesaikan dan kita para korban menanti puluhan tahun akan hadirnya negara untuk korban berupa kompensasi bukan materi, kita harap negara hadir untuk korban terorisme khususnya," ucapnya.

Sebagai korban terorisme, Sucipto merasakan kehadiran LPSK sepuluh tahun ini amat penting. Lembaga itu memberikan bantuan berupa medis psikologis dan psikososial. Mereka juga responsif dan akomodatif menerima masukan para korban.

"Di sini LPSK sebagai ujung tombak pemenuhan hak-hak korban terorisme," sebutnya.

Tak dipungkiri, LPSK juga memiliki kekurangan. Sucipto mencatat ada dua yaitu perlunya kordinasi internal supaya percepatan pemenuhan hak korban ditingkatkan. Kordinasi eksternal juga demikian.

"LPSK perlu mendapatkan dukungan instansi seperti BNPT kemensos pemerintah provinsi dan daerah," ucapnya. [did]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Terorisme
  3. Lpsk
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini