Terungkap Fakta Baru dari Saksi Penyebab Kivlan Zen Targetkan Bunuh 4 Tokoh

Kamis, 13 Juni 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Terungkap Fakta Baru dari Saksi Penyebab Kivlan Zen Targetkan Bunuh 4 Tokoh Kivlan Zen di Bareskrim. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Polisi menetapkan delapan orang sebagai tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal dan perencanaan pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional. Salah satu tersangka yakni, Kivlan Zen.

Kivlan Zen, seorang purnawirawan TNI itu diduga sebagai orang yang memerintahkan tersangka lain untuk membeli senpi dan membunuh 4 tokoh. Perlahan terkuak alasan Kivlan Zen ingin menghabisi 4 tokoh itu. Apa alasannya? Berikut ulasannya dari kesaksian tersangka lain yang dibeberkan pihak kepolisian:

1 dari 3 halaman

Wiranto dan Luhut Dianggap Berkhianat

Aksi 22 Mei 2019 berbuntut panjang. Dalam kerusuhan itu terungkap ada rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional yaitu Wiranto, Luhut Binsar Pandjaitan, Budi Gunawan dan Gores Mere.

Berdasarkan keterangan saksi, rupanya rencana pembunuhan itu atas inisiasi mantan jenderal TNI, Kivlan Zen. Berdasarkan keterangan salah satu saksi dan tersangka Kurniawan alias Iwan atau HK alasan Kivlan membunuh Wiranto dan Luhut Binsar karena dua tokoh itu dinilai mengkhianati institusi TNI.

"Jawab beliau karena patut dihabisi karena telah mengkhianati institusi," ujar Iwan saat menirukan alasan Kivlan Zen kenapa harus menghabisi nyawa Wiranto dan Luhut.

2 dari 3 halaman

Pengakuan Eksekutor yang Rencanakan Pembunuhan

Rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional cukup mengejutkan publik. Terlebih lagi menurut kesaksian beberapa tersangka, rencana pembunuhan itu diperintahkan oleh Kivlan Zen yang pernah menjadi abdi negara.

Oleh karena itu, Kivlan Zen juga turut diciduk polisi. Salah satu tersangka mengungkapkan penyebab Kivlan Zen ingin menghabisi para tokoh karena patut dihabisi.

"Saya dapat perintah bapak Mayjen Purnawiran Kivlan Zen melalui Haji Kurniawan alias Iwan untuk menjadi eksekutor penembakan target atas nama, 1. Wiranto, 2. Luhut Binsar Pandjaitan, 3. Budi Gunawan, 4. Gores Mere," kata Tajudin atau TJ.

3 dari 3 halaman

Bantahan Pengacara Kivlan Zen

Kesaksian Iwan dibantah dengan tegas oleh pengacara Kivlan Zen, Muhammad Yountri. Menurut Yountri justru Iwan yang mendatangi Kivlan dan mengatakan akan dibunuh oleh 4 tokoh.

Kivlan memang meminta Iwan untuk mencarikan senjata. Namun menurut dia, senjata itu untuk berburu babi hutan karena di lingkungan rumah Kivlan di Gunung Picung masih ada hutan. Senjata yang diberikan Iwan, tak cocok sehingga Kivlan menolaknya.

"Sampai saat ini kita mau ketemu Iwan enggak bisa, dikhawatirkan cerita Iwan dengan yang kami terima dari Pak Kivlan itu berbeda. Iwan justru datang ke Pak Kivlan mengatakan bahwa Pak Kivlan mau dibunuh oleh 4 orang itu," kata Yountri. [has]

Baca juga:
Wiranto Tegaskan Pengakuan Tersangka Kerusuhan 22 Mei soal Kivlan Zen Bukan Karangan
Jubir BPN: Agak Mustahil Pak Kivlan Ingin Makar, Tapi Kita Uji di Pengadilan
Tersangka Iwan Ungkap Alasan Kivlan Zen Perintahkan Bunuh Wiranto dan Luhut
Pengacara Kivlan Zen Bantah Keterangan Iwan Soal Rencana Bunuh 4 Tokoh Nasional
Terungkap Peran Kivlan Zen dan Pengakuan Pelaku Rencanakan Tembak Pejabat
Habil Marati Penyandang Dana Kivlan Zen Pernah jadi Pengurus PPP Era Suryadharma Ali

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini