Laporan dari Arab Saudi

Tertabrak Saat Menyeberang, Jemaah Asal Jaktim Alami Patah Tulang

Minggu, 26 Juni 2022 13:30 Reporter : Lia Harahap
Tertabrak Saat Menyeberang, Jemaah Asal Jaktim Alami Patah Tulang Jemaah Haji Indonesia. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Jemaah haji atas nama Sarjaka, kloter JKG 03 asal Cakung, Jakarta Timur, mengalami kecelakaan. Dia tertabrak mobil yang melintas saat menyeberang jalan di kawasan Bin Dawood, Makkah, pada Jumat 24 Juni, pukul 22 WAS.

"Kecelakaan di depan hotel ketika sedang menyeberang untuk membeli keperluan untuk mencuci," kata Kepala Daerah Kerja Makkah, Muhammad Khanif, kepada tim Media Center Haji (MCH) Makkah, Minggu (26/6).

Adapun kronologi kecelakaan. Saat itu Sarjaka hendak menyeberang di dekat traffic light kawasan Bin Dawood. Secara bersamaan, ada mobil melaju dan menabrak.

Insiden tersebut menyebabkan Sarjaka mengalami patah tangan kiri dan cidera kepala ringan. Saat itu juga langsung dibawa menuju RS Malik Faisal dan saat ini mendapat pendampingan tim KKHI Makkah.

"Kita sudah menjenguk, Alhamdulillah bisa berkomunikasi dengan normal. Kita tanya bagaimana terkait makannya, Alhamdulillah sudah makan dan info dari rumah sakit besok pagi Insya Allah lengan kiri atas rencana akan dilakukan operasi. Kita sama-sama doakan semoga cepat sembuh dan kembali ke kloternya," ujarnya.

Khanif memastikan biaya perawatan dan operasi jemaah selama di rumah sakit ditanggung seluruhnya oleh pemerintah Arab Saudi. Dia mendoakan jemaah tersebut lekas pulih dan bisa mengikuti prosesi puncak haji.

"Namun apabila nanti jemaah masih belum bisa bergabung nanti akan disafariwukufkan. Apabila yang bersangkutan masih di RS AS maka safari wukuf akan dilakukan oleh RS AS, apabila sudah kembali ke KKHI maka jemaah akan disafariwukufkan tim kesehatan KKHI," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Khanif menyebut total jemaah haji yang wafat di Makkah berjumlah enam orang. Dengan mayoritas diagnosis karena jantung.

Dia kembali mengimbau kepada jemaah untuk selalu menjaga kesehatan. Apalagi ibadah puncak haji tinggal hitungan pekan. Sehingga kesiapan fisik sangat perlu diperhatikan. [fik]

Baca juga:
Dubes RI untuk Arab Saudi Minta Persiapan Armuzna Kembali Dicek H-3 Puncak Haji
Jelang Puncak Haji, Persiapan di Armuzna Capai 75 Persen
Jelang Puncak Haji, Kendaraan Masuk Kota Makkah Diperiksa Ketat
Jamin Layanan Terbaik ke Semua Jemaah, Kapuskes Haji Ingatkan Tetap Jaga Prokes
Sempat Memaksa, Sales Kartu Perdana di Bandara Jeddah Kini Tak Lagi Ganggu Jemaah
Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi saat Pulang ke Tanah Air
Data per 25 Juni: 65.134 Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Arab Saudi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini