Tersangka Kasus Kapal Karam di Asahan Bertambah jadi 5 Orang

Kamis, 24 Maret 2022 19:01 Reporter : Uga Andriansyah
Tersangka Kasus Kapal Karam di Asahan Bertambah jadi 5 Orang Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) menetapkan tersangka baru kasus kapal karam yang membawa puluhan pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. Polisi telah menetapkan nakhoda kapal yaitu H sebagai tersangka. Kini, polisi menetapkan empat tersangka baru yakni RD, R, S, dan RR.

Peran masing-masing dari tersangka yakni RD sebagai anak buah kapal, S yang merupakan mekanik, R berperan juru masak. Lalu, RR sebagai penampung para PMI ilegal.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, membeberkan pihaknya masih memburu tiga tersangka lainnya. Ketiganya adalah R, ST, dan SF.

"Ini akan kita kejar tiga orang lagi, termasuk pihak-pihak yang merekrut (PMI ilegal). Jadi kami nanti akan bekerja sama dengan Polda dari daerah asalnya," ujarnya, Kamis (24/3).

Untuk mengantisipasi terjadinya upaya penyelundupan serupa, Polda Sumut akan menggandeng pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan.

"Kejadian pengiriman warga negara Indonesia selaku PMI ilegal khususnya di daerah pesisir barat sudah beberapa kali terjadi. Ke depan ini tidak boleh lagi. Jadi kami akan bertindak tegas. Tidak ada rasa kasihan. Kepada masyarakat, kami juga minta jangan mau memberi ruang kepada perekrut dengan iming-iming bekerja di luar negeri," kata Panca.

2 dari 2 halaman

Seperti diberitakan sebelumnya, kapal yang mengangkut 86 PMI ilegal karam di perairan Tanjung Api, Kabupaten Asahan, Sumut, Sabtu (19/3) kemarin.

Dalam kejadian itu dua PMI ilegal meninggal dunia yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Puluhan PMI ilegal itu direkrut oleh agen di wilayah asal mereka dan dimintai uang mulai dari Rp4,5 juta hingga Rp6 juta.

Mereka berangkat dari Tanjung Balai pada Kamis (17/3). Namun, kapal yang mereka tumpangi karam sebelum tiba di Malaysia yang merupakan tujuan puluhan PMI ilegal itu. [ray]

Baca juga:
Polda Sumut Tetapkan Satu Tersangka Kasus Kapal Karam Pembawa 89 PMI Ilegal
Kapal Nelayan Rote Ndao Terbalik di Australia, 3 Ditemukan Selamat, 9 Masih Hilang
Kapal Terbalik di Perairan Australia, 9 Nelayan Rote Ndao Hilang
Kapal Karam di Perairan Asahan, 2 PMI asal NTT dan Sulsel Meninggal
Kru Kapal Kandas di Garut Masih Menunggu Evakuasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini