Terpilih jadi Ketum Demokrat, SBY titip 10 pesan untuk Jokowi-JK

Rabu, 13 Mei 2015 21:54 Reporter : Moch. Andriansyah
Terpilih jadi Ketum Demokrat, SBY titip 10 pesan untuk Jokowi-JK Susilo Bambang Yudhoyono. merdeka.com

Merdeka.com - Resmi terpilih sebagai Ketua Umum di Kongres IV Partai Demokrat, digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan sepuluh pesan buat pemerintahan Presiden Jokowi Widodo - Wakil Presiden Jusuf Kalla. Rekomendasi itu disampaikan dalam pidato penutupan kongres, Rabu (13/5) malam.

"Ada sepuluh rekomendasi yang ingin kita sampaikan ke Pemerintahan Presiden Jokowi, dengan harapan agar Pak Jokowi tetap sukses mengemban tugasnya sebagai kepala negara," kata SBY dalam pidato penutupannya.

Rekomendasi itu antara lain meminta Presiden Jokowi terus menjaga dan menghidupkan iklim kampanye pemberantasan korupsi. Kedua, SBY ingin Jokowi menyelamatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri, agar tetap bisa melaksanakan tugasnya secara efektif.

"Ketiga, TNI-Polri harus tetap bebas dari lingkaran politik, agar memiliki hubungan dan kerjasama yang sehat, tidak terpecah belah," ujar SBY.

SBY menyatakan, Partai Demokrat menginginkan supaya negara tetap berpihak pada rakyat. Dia meminta pemerintahan Presiden Joko Widodo harus menghidupkan program pro rakyat.

"Lima, pembangunan infrastruktur jangan sampai menguras APBN. Alokasikan anggaran yang cukup untuk peningkatan kesejahteraan rakyat," sambung SBY.

SBY juga berpesan supaya Jokowi menjaga dan menghidupkan kembali MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia). Dia juga ingin pemerintah saat ini dapat mengelola ekonomi nasional secara sungguh-sungguh, sehingga ekonomi tetap tumbuh dengan sehat, sehingga kemiskinan dan pengangguran bisa terus berkurang.

"Delapan, kedaulatan dan keutuhan NKRI memang harga mati, dan Partai Demokrat setuju dengan sikap pemerintah. Namun, jangan sampai hubungan dengan negara lain terganggu. Kemitraan internasional harus tetap dicapai secara bersama-sama," tambah SBY.

SBY melanjutkan, Partai Demokrat berharap pemerintah menjaga hubungan baik antara pemerintah dan partai-partai politik, serta saling menghormati kedaulatan partai masing-masing.

"Dan yang kesepuluh, Partai Demokrat berharap agar semua keputusan yang diambil presiden dan pemerintah, dikomunikasikan dengan baik. Sehingga rakyat bisa melakukan kontrol politik secara sehat," imbuh SBY.

"Partai Demokrat mendukung penuh semua kebijakan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kehidupan rakyat ke depan. Jika pemerintah menerima 10 rekomendasi ini, akan banyak lagi keberhasilan yang akan dicapi, bangsa dan rakyat Indonesia ke depan," lanjut SBY. [ary]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini