Terpapar Covid-19 saat Hamil, Nakes PMI Solo Meninggal Bersama Bayinya

Senin, 12 Juli 2021 13:44 Reporter : Arie Sunaryo
Terpapar Covid-19 saat Hamil, Nakes PMI Solo Meninggal Bersama Bayinya Risma Dwi Annisa. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang tenaga kesehatan (nakes) pada UDD (Unit Donor Darah) PMI Solo, Risma Dwi Annisa (25), meninggal dunia bersama putri yang dikandungnya, Senin (12/7) dini hari. Sebelumnya, dia menjalani perawatan akibat positif Covid-19.

CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto mengatakan, selain Risma dan bayinya, sekitar sepekan lalu, istri dari salah satu nakes PMI juga meninggal akibat terpapar corona. Saat ini lebih dari 20 nakes di PMI melaksanakan isolasi mandiri.

"Hari ini kami PMI Kota Surakarta berduka. Salah satu nakes kami, hari ini dipanggil Tuhan, dalam keadaan hamil. Kemarin bayinya sudah dipanggil Tuhan, dan hari ini ibunya," ujar Sumartono dalam keterangan persnya.

Sebelum Risma dikebumikan, para pegawai PMI Solo berencana memberikan penghormatan terakhir kepada rekannya itu di RSUD dr Moewardi Solo.

Sumartono meyakini Risma terpapar Covid-19 di luar lokasi kerja. Alasannya, selama ini mereka menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga kecil kemungkinan keduanya terpapar di PMI Solo.

"Mungkin saja mereka tertular di luar. Karena di PMI protokol kesehatannya ketat, chamber disinfektan kita lakukan dua kali setiap masuk ke sini," paparnya.

Dia mengajak masyarakat Solo agar bersama-sama bergotong royong menerapkan protokol kesehatan 5 M dengan ketat, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Kita juga harus selalu mengingatkan siapa pun di sekitar kita. Baik itu keluarga, tetangga, teman, dan sanak saudara, untuk terus melakukan prokes dengan ketat. Karena ini adalah salah satu yang dapat membantu pandemi ini segera berlalu," ajaknya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini