Teroris pemilik bom Pasuruan terkait perampokan CIMB Medan

Senin, 16 Juli 2018 12:28 Reporter : Merdeka
Teroris pemilik bom Pasuruan terkait perampokan CIMB Medan Kapolri. ©2017 merdeka.com/ronald

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut, pemilik bom di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur bernama Abdullah alias Anwardi terkait dengan kasus perampokan Bank CIMB Niaga di Medan, Sumatera Utara pada 2010 lalu.

Perampokan bank tersebut terkait dengan aksi terorisme. Saat itu, Tito yang masih menjabat sebagai Kepala Densus 88 Antiteror Polri memimpin operasi penangkapan kelompok tersebut.

"Ini enggak jauh dari jaringannya kelompok perampokan CIMB bank yang ada di Medan tahun 2010. Waktu itu saya pimpin, kita tangkap," ujar Tito di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (16/7).

Tito menuturkan, Abdullah merupakan teman Nibras, pelaku perampokan Bank CIMB Niaga Medan yang berhasil ditangkap. "Kita tangkap ada beberapa orang ya, ada 16 orang, yang merampas namanya Nibras itu kita udah tangkap. Nah ini Abdullah kawannya dia," katanya.

Hingga saat ini, pemilik bom yang meledak di rumah kontrakannya tersebut masih buron. Sementara istri Abdullah masih ditahan terkait kasus tersebut.

"(Masih) pengejaran, tapi kita tahu yang bersangkutan keluarganya juga ada istrinya, anaknya," ucap Tito.

Reporter: Nafiysul Qodar
Sumber: Liputan6.com [rzk]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini