Terminal Gilimas Siap Sambut Moto GP Mandalika

Rabu, 19 Januari 2022 15:21 Reporter : Merdeka
Terminal Gilimas Siap Sambut Moto GP Mandalika Terminal Gilimas. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 memastikan Terminal Penumpang Gilimas siap menyambut kunjungan wisatawan dan juga calon penonton yang akan menyaksikan MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki.

Menurut Ardhy, saat ini Pelindo telah memiliki Terminal Penumpang Gilimas yang berada di area pelabuhan Lembar, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat yang berjarak sekitar 50 KM atau kurang lebih 1 jam dengan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tempat perhelatan MotoGP Mandalika digelar. Dengan jarak yang tidak terlampau jauh tersebut, Pelabuhan ini merupakan salah satu alternatif dan pilihan menarik sebagai pintu masuk wisatawan dan juga calon penonton MotoGP Mandalika 2022 yang rencananya akan dihelat bulan Maret nanti dari jalur laut.

"Kami telah membangun dan mempersiapkan segala sesuatunya ini di Terminal Penumpang Gilimas dengan tujuan selain untuk mengurangi beban Pelabuhan lembar namun juga untuk mendukung konektivitas transportasi dari dan menuju lombok. Terlebih pemerintah akan menggelar perhelatan akbar MotoGP Mandalika, ini tentunya bisa menjadi alternatif pintu masuk kunjungan wisatawan," jelas Ardhy.

Ardhy juga menambahkan Terminal Gilimas saat ini telah memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai sebagai terminal penumpang baik kunjungan kapal dalam negeri atau Cruise. Dengan luasan mencapai 4.884 M2, Terminal Gilimas mampu menampung penumpang hingga 1.500 orang. Selain itu Terminal Gilimas juga memiliki dermaga dengan panjang 440 M dan kedalaman kolam mencapai -12 LWS yang terbukti telah mampu melayani berbagai kapal Cruise seperti Sun Princes, Aida Vita, Pacific Explorer hingga yang terakhir adalah Vasco Da Gama.

"Kami telah terbukti mampu melayani sejumlah kunjungan kapal cruise di Terminal Gilimas, tercatat sejak 2019 ini ada 12 kunjungan kapal, ini menjadi bukti bahwa Terminal Gilimas telah siap secara teknis melayani para wisatawan yang akan datang menyaksikan gelaran MotoGP Mandalika ini," imbuh Ardhy.

Senada dengan penyataan Regional Head 3 Pelindo. Kepala KSOP Kelas III Lembar R Pradigdo juga mendukung penyiapan Terminal Gilimas sebagai salah satu alternatif pintu masuk wisatawan, hal ini seiring rencana pemerintah yang meninterkoneksikan berbagai fasilitas transportasi untuk menunjang peningkatan potensi wisata di Indonesia.

Pradigdo menambahkan dengan reputasi Terminal Gilimas yang telah beberapa kali melayani kunjungan Kapal Cruise sebelumnya, itu menandakan Terminal Gilimas telah siap secara teknis menerima wisatawan yang akan menyaksikan perhelatan balap motor terbesar di dunia tersebut.

"Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai, Kami selalu memastikan keselamatan dan kelayakan dermaga untuk sandar dan akan melakukan pengecekan sebelum kapal-kapal sandar," Pungkas Kepala KSOP Kelas III Lembar R Pradigdo.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

[hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini