Terima Kasih Pada Penyelam TNI, Lion Air Serahkan CVR ke KNKT untuk Dianalisa

Selasa, 15 Januari 2019 08:43 Reporter : Lia Harahap
Terima Kasih Pada Penyelam TNI, Lion Air Serahkan CVR ke KNKT untuk Dianalisa CVR LION AIR JT-610. ©Istimewa

Merdeka.com - Penyelam dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) I dari Tim Komando Armada (Koarmada) berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT610. Penemuan ini setelah pesawat nahas tujuan Pangkal Pinang itu terjatuh pada 29 Oktber lalu.

Pihak Lion Air mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua terkait yang telah membantu pencarian CVR Lion Air.

"Terima kasih tim penyelam TNI Angkatan Laut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) beserta pihak terkait lainnya yang telah melakukan pencarian dan menemukan salah satu kotak hitam (black box) yaitu alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder/ CVR) berkaitan dengan penerbangan JT-610," kata Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro, dalam rilis yang diterima merdeka.com, Selasa (15/1).

Selain CVR, kata dia, Lion Air juga menerima konfirmasi ditemukannya sejumlah benda lainnya yang diduga adalah bagian dari tubuh jenazah (body part).

"Lion Air secara resmi telah menyerahkan CVR kepada KNKT dan benda yang diduga body part kepada Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri guna proses lebih lanjut, yang akan dilakukan sesuai prosedur," sambung Danang.

Sebelumnya, Tim SAR gabungan telah menemukan Flight Data Recorder (FDR), salah satu komponen black box pesawat Lion Air yang jatuh. FDR merupakan data berisi rekaman seputar riwayat penerbangan. Sementara CVR berisi rekaman suara atau percakapan di dalam kokpit pesawat. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini