Terawan Klaim Vaksin Nusantara Dapat Dipakai untuk Hadapi Mutasi Covid-19

Rabu, 16 Juni 2021 15:56 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Terawan Klaim Vaksin Nusantara Dapat Dipakai untuk Hadapi Mutasi Covid-19 Terawan Agus Putranto. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan vaksin nusantara dapat digunakan untuk menghadapi berbagai mutasi Covid-19. Hal ini menanggapi pertanyaan terkait munculnya mutasi Covid-19 yang terjadi.

"Bagaimana vaksin Nusantara ini menghadapi virus? Gampang sekali. Hanya butuh 8 hari," kata dia, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII, Rabu (16/6).

Dia mengatakan, hal yang perlu dilakukan yakni mengganti antigen dengan antigen yang cocok. "Antigennya saya ganti. Antigen itu adalah rekombinan dari spike (S). Kita tinggal lihat, dia mutasi mana, tinggal kita gabung-gabung saja," ujar dia.

"Tinggal kita tambahi dari mutasi kayak sekarang Inggris, India, maupun Afrika Selatan," lanjut Purnawirawan Jenderal Bintang Tiga ini.

Sebagai informasi, antigen dalam vaksin berfungsi memicu respons imun. Antigen terbuat dari bagian-bagian kecil organisme penyebab penyakit, misalnya protein atau gulanya. Antigen bisa juga terbuat dari organisme penyebab penyakit yang utuh. Namun, dalam versi yang sudah dilemahkan.

Menurut Terawan, dirinya sudah memesan antigen untuk uji klinis fase III vaksin nusantara. Antigen yang dia pesan termasuk antigen untuk berbagai mutasi Covid-19.

"Sekarang yang saya pesan antigennya untuk uji klinis III itu termasuk tiga varian itu sudah saya masukan. Kalau nanti diizinkan uji klinis III, saya kan harus minta SAS supaya bisa masuk Indonesia rekombinan antigennya untuk saya bisa gunakan untuk uji klinis III. Kalau diizinkan dilakukan di Indonesia," tandas dia. [ray]

Baca juga:
Terawan Minta Dukungan DPR Untuk Uji Klinis Fase III Vaksin Nusantara
Terawan: 90 Persen Bahan Vaksin Nusantara Produksi Indonesia
Cerita Titiek Soeharto Disuntik Vaksin Nusantara
Jubir Vaksinasi Kemenkes: Vaksin Nusantara Alternatif Peningkat Imunitas
Menguji Khasiat Vaksin Nusantara

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini