Tentukan calon Kapolri, Jokowi sudah panggil banyak pihak

Selasa, 14 Juni 2016 12:27 Reporter : Supriatin
Tentukan calon Kapolri, Jokowi sudah panggil banyak pihak Gedung Mabes Polri. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Sosok calon Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo masih jadi teka teki. Hingga saat ini, Presiden belum memberikan nama calon Kapolri ke DPR untuk dilakukan fit and proper test.

Beredar kabar Presiden Jokowi akan memperpanjang masa jabatan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Padahal beberapa nama jenderal bintang 3 dijagokan menjadi orang nomor satu di institusi Bhayangkara yakni Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan dan Kepala BNN Komisaris Jenderal Budi Waseso.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan tidak tertutup kemungkinan opsi perpanjangan masa jabatan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Namun penentuan keputusan tetap ada di tangan Presiden Joko Widodo.

"Opsi itu ada (peluang)," ungkap Pramono di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (14/6).

Pramono menuturkan, Presiden sudah meminta masukan dari berbagai pihak terkait posisi nomor satu lembaga kepolisian RI itu. Termasuk Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

Mengenai desakan dari Komisi III DPR agar Presiden segera memutuskan apakah Jenderal Badrodin diganti atau diperpanjang, Pramono menanggapi dengan santai.

"Kapan waktunya Presiden memutuskan, ini sudah pada fase-fase untuk beliau, terus terang beliau sudah memanggil banyak orang, mendengarkan banyak pihak nah kapan akan diputuskan presiden yang tahu. Karena ini kan prerogatif presiden sepenuhnya dan kami menghormati itu. maka dengan demikian kita tunggu kapan bapak Presiden akan mengumumkan," jelasnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Calon Kapolri
  2. Presiden Jokowi
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini