Temui Kapolda, Dubes AS tanya kondisi keamanan Papua

Rabu, 8 Maret 2017 10:08 Reporter : Ramadhian Fadillah
Temui Kapolda, Dubes AS tanya kondisi keamanan Papua Freeport. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw, menerima kunjungan kehormatan Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovon berserta rombongan di Mapolda Papua di Jayapura.

Pertemuan yang dilakukan diruang Cenderawasih diikuti para pejabat dilingkungan Polda Papua berlangsung sekitar satu setengah jam.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, selama pertemuan dibicarakan berbagai masalah geografi, demografi, keamanan dan pilkada serta membahas masalah situasi di PT Freeport.

"Dubes AS juga sempat menanyakan tentang jumlah kelompok bersenjata dan kelompok separatis politik serta konflik sosial seperti pertikaian antar suku yang sering terjadi di Papua," kata Kombes Ahmad Kamal, Rabu (8/3) kepada ANTARA.

Seusai mendengar pertanyaan yang diajukan Dubes AS, Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw menjelaskan tentang situasi keamanan di Papua. Dia mengakui hingga kini di beberapa wilayah pedalaman khususnya di pegunungan tengah masih terdapat kelompok bersenjata yang sering mengganggu aparat keamanan baik Polri maupun tni dan warga sipil.

"Kapolda Papua dalam pertemuan itu juga menyampaikan sikap bahwa polisi siap mengamankan warga negara AS yang bekerja di PT Freeport," kata Kombes Kamal.

Seusai melakukan pertemuan dengan Kapolda Papua, Dubes Donovon beserta rombongan melanjutkan perjalanan Manokwari, Papua Barat. [ian]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini