Temui Aksi Mahasiswa di KPK, Novel Serukan Jangan Lelah Dukung KPK Perangi Korupsi

Kamis, 12 September 2019 20:35 Reporter : Merdeka
Temui Aksi Mahasiswa di KPK, Novel Serukan Jangan Lelah Dukung KPK Perangi Korupsi Aksi menolak revisi UU KPK. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Sejumlah mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung KPK Merah Putih menyerukan penolakan Revisi UU KPK. Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, sempat menghampiri mereka.

Novel meminta para mahasiswa itu terus berjuang dan mengobarkan semangat antikorupsi. Sebab menurutnya, hingga saat ini masih banyak upaya-upaya melemahkan KPK.

"Saya pikir kita tidak boleh lelah, kita tidak boleh menyerah dengan segala upaya fitnah yang disampaikan," kata Novel di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Saat ini, kata Novel, banyak sekali upaya memutarbalikkan fakta atas apa yang dikerjakan KPK. Seolah hendak memperkuat KPK namun sebaliknya.

"Tetapi kita harus sadar bahwa kepentingan rakyat Indonesia adalah kepentingan yang sangat mendasar. Sehingga kita berpeluang untuk mendukung KPK, mendukung upaya pemberantasan korupsi adalah suatu hak yang layak untuk diperjuangkan," paparnya.

Dia juga meminta mahasiswa tidak gentar melawan korupsi meski diakuinya banyak sekali risiko yang dihadapi.

"Apapun risikonya ini tidak boleh terus kita biarkan untuk kita menjadi abai atau kompromi dengan upaya-upaya itu (pelemahan KPK)," tutup Novel.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafari, mengapresiasi aksi mahasiswa yang menentang adanya pelemahan terhadap KPK. Dia pesan agar semangat antikorupsi itu dijalankan dengan cara-cara yang baik sebagai kaum intelektual.

"Jangan anarkis gunakan hati nurani. Buktikan kita orang akademis, kaum intelektual jangan hanya menggunakan aksi-aksi sporadis. Aksi yang mengarah pada anarki," tegas Tsani. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini