Temuan TGIPF Soal Tragedi Kanjuruhan: Proses Jatuhnya Korban Lebih Mengerikan

Jumat, 14 Oktober 2022 14:47 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Temuan TGIPF Soal Tragedi Kanjuruhan: Proses Jatuhnya Korban Lebih Mengerikan Mahfud MD: Kasus Lukas Enembe Bukan Rekayasa Politik, Ini Masalah Hukum. ©2022 Merdeka.com/Moh. Kadafi

Merdeka.com - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) sudah melaporkan temuan tragedi Kanjuruhan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jumat (14/10). Ketua Tim TGIPF Mahfud MD menyebut, situasi berjatuhannya korban saat insiden itu jauh lebih mengerikan, di banding yang beredar di media. Hal itu dilihat TGIPF dari CCTV yang dimiliki aparat.

"Fakta yang kami temukan korban yang jatuh itu proses jatuhnya korban itu jauh lebih mengerikan dari yang beredar di televisi maupun di medsos, karena kami merekonstruksi dari 32 CCTV yang dimiliki oleh aparat," kata Mahfud saat jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10).

Menurut Mahfud, efek dari semprotan gas air mata sangat mengerikan. Para suporter mati terinjak-injak karena saling berebut keluar stadion.

"Jadi itu lebih mengerikan dari sekadar semprot mati, semprot mati gitu ada yang saling gandengan untuk keluar bersama satu bisa keluar yang satu tertinggal yang di luar balik lagi untuk nolong temannya terinjak-injak mati," ucapnya.

Selain itu, ada pula suporter yang memberikan bantuan pernapasan. Mereka tidak sadar karena terkena gas air mata.

"Ada juga yang memberi bantuan pernapasan, karena satunya sudah tidak bisa bernapas. Kena semprot juga mati gitu itu ada di situ, lebih mengerikan daripada yang beredar, karena ini ada di CCTV," ungkapnya. [cob]

Baca juga:
TGIPF Datangi Istana Serahkan Laporan Tragedi Kanjuruhan ke Jokowi
Polisi Sebut Dua Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan akan Diautopsi
Ali Ngabalin: Jokowi Beri Arahan Terkait Kasus Sambo dan Kanjuruhan ke Polri
Kisah Pilu Aremania Takut Pulang 12 Hari Tidur di Kanjuruhan, Kini Dibawa ke Ponpes
Jadi Polisi Paling Tajir, Ini Sisi Lain Kapolda Jatim Teddy Minahasa
Komnas HAM Paparkan Perkembangan Investigasi Kanjuruhan
Kisah Rusdi Depresi 3 Teman Wafat di Tragedi Kanjuruhan, Tak Mau Pulang dari Stadion

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini