Tembus 868 Kasus, Kini Seluruh Daerah di Sumsel Terpapar Covid-19

Selasa, 26 Mei 2020 19:29 Reporter : Irwanto
Tembus 868 Kasus, Kini Seluruh Daerah di Sumsel Terpapar Covid-19 Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Selatan hari ini bertambah 56 orang. Total positif Covid-19 menjadi 868 kasus. Kini 17 kabupaten dan kota di provinsi itu semuanya telah terdapat pasien terpapar Corona.

Sebanyak 56 pasien terkonfirmasi positif baru itu terdiri dari Palembang sebanyak 40 orang, Banyuasin (6), Prabumulih (5), Lubuklinggau (2), Ogan Komering Ulu Timur (1), Ogan Ilir (1) dan Penukal Abab Lematang Ilir/PALI (1). Sementara pasien sembuh bertambah tiga menjadi 117 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri mengungkapkan, Palembang menjadi daerah terbanyak yang terdapat kasus Covid-19 dan kabupaten PALI untuk pertama kali terdapat kasus positif. Sedangkan angka kematian tidak ada penambahan, masih berjumlah 28 orang.

"Hari ini ada tambahan 56 pasien positif, jumlahnya hingga hari ini ada 868 kasus. Artinya seluruh kabupaten dan kota sudah ada kasus positif," ungkap Yusri, Selasa (26/5).

Menurut dia, penularan atau penyebaran virus Corona akan tetap terjadi jika masyarakat tidak mematuhi anjuran pemerintah atau protokol kesehatan. Minimal setiap orang beraktivitas menggunakan masker, tidak bersalaman, menjaga jaga, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

"Jika tidak disiplin, penularan masih terjadi. Padahal kita semua ingin wabah ini segera berakhir," kata dia.

Dia menambahkan, masyarakat juga sebaiknya menghindari kerumunan karena dapat tertular dan menularkan virus itu. Biasanya orang akan mengalami gejala sekitar empat sampai tujuh hari setelah terinfeksi.

"Efeknya kira-kira satu minggu ke depan. Orang tertular baru mengalami gejala, tentu jika memiliki riwayat penyakit lain, tapi sangat berbahaya bagi orang tanpa gejala," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini