Tekan Angka Kematian, Kasatgas Minta Pemkab Pati Cepat Tangani Pasien Covid-19

Minggu, 6 Juni 2021 17:51 Reporter : Supriatin
Tekan Angka Kematian, Kasatgas Minta Pemkab Pati Cepat Tangani Pasien Covid-19 Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Ganip Warsito meninjau penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Di sela-sela peninjauan, dia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melakukan lima hal dalam mengendalikan Covid-19.

Pertama, meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan 3M, mengurangi mobilitas dan mencegah kerumunan.

"Kedua, penanganan pasien Covid-19 jangan sampai terlambat ditangani di rumah sakit, karena inilah yang menyebabkan tingginya angka kematian," pesannya, Sabtu (5/6).

Ketiga, Pemkab Pati memprioritaskan vaksinasi Covid-19 pada lansia di atas 60 tahun. Keempat, memberikan perhatian besar dan penanganan cepat pada pasien Covid-19 dengan komorbid.

"Terakhir, kecepatan dan ketepatan tindakan rumah sakit dalam mengambil langkah medis menangani pasien Covid-19 harus menjadi perhatian bersama," ucapnya.

Selain lima hal tersebut, Ganip mengingatkan Pemkab Pati terus melaksanakan testing, tracing dan treatment untuk mendeteksi dini kasus positif Covid-19. Dia juga meminta rumah sakit di Pati untuk memastikan ketersediaan tempat tidur hingga tempat isolasi mandiri guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dampak libur Lebaran Idulfitri 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini meminta posko Covid-19 di Pati terus melakukan pemantauan terhadap penegakkan protokol kesehatan dan perkembangan kasus.

"Terus-menerus lakukan pemantauan dan monitoring melalui posko yang ada di seluruh PPKM Mikro untuk dapat mengetahui kasus harian Covid-19 sehingga menjadi dasar kita dalam mengambil keputusan, membuat langkah strategis serta menjadi evaluasi dalam melakukan pengendalian kasus," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini