Tegang Divaksinasi Covid-19, Tensi Darah Wakil Gubernur Jatim Sempat Naik

Kamis, 14 Januari 2021 14:19 Reporter : Erwin Yohanes
Tegang Divaksinasi Covid-19, Tensi Darah Wakil Gubernur Jatim Sempat Naik Wagub Emil Dardak awali vaksinasi di Jatim. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Vaksinasi Covid-19 mulai digelar perdana di Jawa Timur. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak pun mendapat kesempatan yang pertama di antara 22 nama tokoh lainnya yang dijadwalkan divaksin pada hari yang sama.

Pelaksanaan vaksinasi di Jatim pun dilakukan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (13/1). Acara dimulai dengan sambutan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara virtual. Hal ini dilakukan lantaran orang nomor satu di Jatim itu tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Usai sambutan, vaksinasi lalu dimulai tepat pukul 09.45 WIB dan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak adalah orang pertama dari 22 nama yang mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Ketua Tim Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan prosedur pemberian vaksin ini,

"Ada empat meja yang disiapkan. Pertama pendaftaran, kedua pengecekan kesehatan, meja ketiga vaksinasi dan meja keempat untuk observasi," kata Joni, Kamis (14/1).

Ia menambahkan, selain persiapan prosedur, pihaknya juga mempersiapkan kemungkinan terkait kejadian ikutan pasca imunisasi. Selain itu, tempat mini ICU juga telah disiapkan beserta dengan mobil ambulans.

"Kita juga siapkan mini ICU, selain itu mobil ambulance yang bisa langsung ke RSU dr Soetomo," jelasnya.

Sementara itu, Emil Elestianto Dardak mengaku cukup tegang mendapat vaksinasi yang pertama dengan dilihat oleh banyak orang. Bahkan saking tegangnya, ia mengaku tensi darahnya sempat naik lebih dari biasanya.

"Ada peristiwa yang menarik, tadi tensi kami ternyata rata-rata di atas dari biasanya karena mungkin banyak teman-teman biasanya kita tegang biasanya vaksin gak ada yang nontonin. Saya 133 padahal biasanya 110-an," ujarnya.

Ia mengatakan, selama 30 menit dirinya menunggu munculnya gejala usai vaksinasi seperti gatal-gatal, kemudian bengkak di area yang disuntik, demam, maupun kelelahan. Namun semua gejala itu tidak ada satupun yang dirasakannya.

"30 menit sudah berlalu. Alhamdulillah tidak ada gejala, kondisi baik. Saya ekspektasi langsung muncul, tapi enggak ada yang ngilu sampai sekarang," tegasnya.

Ia kembali menegaskan, bahwa proses vaksinasi ini merupakan bentuk kerja bersama pemerintah dengan semua pihak untuk bisa segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena itu, ia berpesan kepada masyarakat agar tidak takut untuk menjalani vaksin karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan berbagai upaya sampai dinyatakan aman.

Selain Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, 21 tokoh lainnya juga turut divaksin. Berikut 22 nama tokoh yang mendapatkan vaksinasi di gedung Negara Grahadi Surabaya:

1. Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak

2. Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak

3. Pangdam V/Brawijaya Suharyanto

4. Kajati Jatim Mohamad Dhofir

5. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono

6. Wakapolda Jatim Slamet Hadi Supraptoyo

7. Ketua IDI Jatim Sutrisno

8. Kepala RSAL Ramelan Radito Soesanto

9. Kabiddokes Polda Jatim Hisbullah Huda

10. Kepala BBPOM Surabaya Rustiawati

11. Dirut RSU dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi

12. Dekan FKM Unair Santi Martini

13. Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim I Made Puja Yasa

14. Ketua PPNI Jatim Nursalam

15. Ketua SPSI Ahmad Fauzi

16. Anggota PGRI Teguh Sumarsono

17. Skak Corp (Influencer) Bayu Eko Muktito (Bayu Skak)

18. Anggota IBI Jatim Wahyul Anis

19. Anggota Pemuda Hindu Jatim I Dewa Agung Wirya Guna

20. Anggota Pemuda Kristen Jatim Aurelia Teodosia HG

21. Ketua GP Ansor Jatim M Syafiq Syauqi

22. Influencer Arrizal Liwafa. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini