Tebang Pohon Buat Bikin Bale Bengong, Pria di Bali Ditangkap Polisi

Kamis, 8 April 2021 11:33 Reporter : Moh. Kadafi
Tebang Pohon Buat Bikin Bale Bengong, Pria di Bali Ditangkap Polisi Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Seorang pria berinisial KS (37), seorang buruh ditangkap polisi. Dia ditangkap Polsek Tejakula, karena menebang pohon Sonokling di Hutan Munduk, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Berawal dari laporan Kepala Resort Pengelolaan Hutan Tejakula, tentang adanya penebangan pohon dalam kawasan hutan tanpa izin yang dikeluarkan pejabat yang berwenang," kata Kapolsek Tejakula AKP Ida Bagus Astawa, Kamis (8/4).

Penebangan pohon kayu sonokeling diketahui saat pihak kehutanan pada Rabu (7/4) sekitar pukul 12.00 Wita, melakukan pengecekan dan melihat di kawasan hutan ditemukan 6 batang kayu gelondongan jenis kayu sonokeling dan tonggak kayu tebangan sebanyak 1 pohon.

Selanjutnya, pihak kehutanan melaporkannya ke pihak kepolisian dan polisi langsung mendatangi TKP dan melalukan penyelidikan pelaku penebangan pohon.

Kemudian, berhasil mengamankan pelaku pada Rabu (7/4) pukul 14.30 Wita di rumahnya yang ada di Madenan, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, penebangan pohon kayu itu dilakukan pada hari Selasa ( 6/4) lalu pukul 13.00 Wita, dan alat yang digunakan melakukan penebangan mesin chainsaw.

"Yang rencananya kayu tersebut dipergunakan untuk membuat sakat pat atau bale bengong untuk dirinya sendiri," ujar ujar AKP Astawa.

Terhadap pelaku, disangkakan melakukan tindak pidana sesuai dengan Pasal 82, Undang-undang RI, Nomor 18 Tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan acaman hukuman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp 2,5 miliar. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kriminal
  3. Ragam Konten
  4. Denpasar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini