TB Hasanuddin penuhi panggilan KPK terkait kasus Bakamla

Kamis, 5 Juli 2018 11:06 Reporter : Merdeka.com
TB Hasanuddin penuhi panggilan KPK terkait kasus Bakamla TB Hasanuddin. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI TB Hasanuddin memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Politikus PDIP itu akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla) tahun anggaran 2016.

"Saksi TB Hasanuddin diperiksa untuk tersangka FA (Fayakhun Andriadi)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (5/7/2018).

Nama TB Hasanuddin sendiri sempat muncul dalam persidangan kasus suap di Bakamla dengan terdakwa Nofel Hasan yang merupakan mantan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla.

TB Hasanuddin disebut Fayakhun sebagai pihak yang mengenalkan dirinya kepada Ali Fahmi, mantan Staf Ahli Kepala Bakamla Laksamana Arie Sudewo. Ali, yang juga politikus PDIP, disebut berperan membantu pengurusan anggaran Bakamla di DPR.

Namun dalam beberapa kesempatan TB Hasanuddin membantah mengenalkan Ali Fahmi kepada Fayakhun.

KPK menetapkan anggota Komisi I DPR Fayakhun Andriadi (FA) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan satelit monitoring di Bakamla. Fayakhun diduga menerima fee sebanyak Rp 12 miliar dan USD 300 ribu.

Uang diterima Ketua DPD Partai Golkar DKI itu dari Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia Fahmi Darmawansyah. Uang diberikan secara bertahap sebanyak empat kali melalui anak buahnya Muhammad Adami Okta.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. TB Hasanuddin
  2. Suap Bakamla
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini