Tanggul Jebol, Perumahan di Bekasi Diterjang Banjir Setinggi 1,5 Meter

Senin, 1 April 2019 10:33 Reporter : Adi Nugroho
Tanggul Jebol, Perumahan di Bekasi Diterjang Banjir Setinggi 1,5 Meter Ilustrasi

Merdeka.com - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi membenarkan tanggul jebol di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih. Tanggul jebol menyebabkan perumahan diterjang banjir hingga setinggi 1,5 meter.

"Akibat curah hujan yang cukup tinggi kemarin, yang jebol merupakan dinding peninggian turap dengan konstruksi batu bata yang diplester sepanjang 15 meter dengan tinggi 1,5 meter," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Kota Bekasi Yudianto, Senin (1/4).

Adapun penanganan darurat saat ini telah dilakukan oleh BWSCC di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Hal itu dilakukan setelah pemerintah daerah melakukan koordinasi usai tanggul jebol.

"Untuk penanganan permanen akan segera dilakukan pada empat hari ke depan, karena butuh persiapan," ujar dia.

Menurut dia, untuk sementara dilakukan penanganan secara darurat menggunakan karung berisi pasir. Meski demikian pemasangan karung berisi pasir dilakukan dengan metode yang baik agar lebih ketat, rapat, padat sehingga kuat.

"Persiapan yang dilakukan adalah pembersihan lapangan area kerja, mobilisasi material, mobilisasi alat dan sebagainya," ujar dia.

Sementara itu, warga korban banjir mulai bersih-bersih rumah sejak pagi tadi. Mereka membersihkan material banjir seperti lumpur. Warga berharap tanggul yang jebol cepat diperbaiki, karena hujan mulai intensif turun dalam beberapa hari terakhir.

Wakil Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan, sejumlah titik banjir di wilayah setempat telah surut. Genangan paling lama berada di kompleks Dosen IKIP, Jatiasih, akibat luapan anak Kali Cakung atau Saluran Jatikramat. "Sudah surut, aktivitas normal lagi," ujar dia. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Banjir Bekasi
  3. Bekasi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini