Tambah 70 Kamera ETLE, Polda Metro: Kalau Tak Segera DKI Ketinggalan dari Timor Leste

Selasa, 24 Januari 2023 14:07 Reporter : Merdeka
Tambah 70 Kamera ETLE, Polda Metro: Kalau Tak Segera DKI Ketinggalan dari Timor Leste CCTV penerapan ETLE di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman ingin Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain terkait dengan tilang elektronik (ETLE). Saat ini baru sebanyak 127 kamera ETLE yang terpasang di sejumlah titik wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Saya berterimakasih sekali kepada bapak anggota Komisi B DKI yang telah mendukung tugas kami dalam pengadaan ETLE statis yang sudah ada sejak 2019. Tentunya kami juga berterimakasih kembali di program yang ketiga ini kami bisa mendapat dukungan ini, karena kalau kita tidak sesegera mungkin nanti saya takutnya Jakarta ketinggalan dari Timur Leste," kata Latif di DPRD DKI Jakarta, Selasa (24/1).

"Karena sebetulnya Jakarta ini sudah ketinggalan 10 tahun (belakang) dibanding kota-kota besar lainnya," sambungnya.

Menurutnya, apabila masih diberlakukannya tilang manual terhadap pengendara. Maka, nantinya tidak akan selesai penyadaran terhadap masyarakat.

"Karena kalau kita masih pengaturan penindakan pelanggaran secara manual sampai badan kucing? Tidak akan selesai permasalahan penyadaran terhadap masyarakat," ujarnya.

"Oleh sebab itu, ini adalah suatu hal yang harus. Apalagi ini adalah wajah Indonesia di dunia, Jakarta sebagai barometer kota-kota besar, di Indonesia juga. Kita harus lebih modern, lebih mendahului dan bisa menjadi pilot project di Indonesia," sambungnya.

Latif menegaskan, bila sistem tilang manual masih diberlakukan, maka akan adanya kucing-kucingan antara petugas dengan para pengendara.

"Dengan sistem ini saya yakin kita tidak perlu waktu lama ketertiban bisa terwujud di kota Jakarta," ucapnya.

"Tentunya ini dukungan dari bapak ibu komisi B DPRD DKI, ini sungguh-sungguh sangat dibutuhkan untuk kemajuan di Ibu kota secara khusus dan secara umum di Indonesia," pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 127 kamera ETLE yang saat ini terpasang di wilayah hukum Polda Metro Jaya melalui tiga tahap. Yakni, pada tahap pertama terpasang 12 kamera. Kemudian, pada tahap kedua terpasang 45 kamera dan tahap ketiga telah terpasang 70 kamera.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengungkapkan bakal menambah 70 titik kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) baru pada 2023.

"Jadi di luar yang ada sekarang, nanti ada 70 titik lagi untuk pengawasan terhadap ruas jalan belum ada ETLE," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Latif mengatakan pemasangan 70 titik kamera tilang elektronik baru tersebut ditargetkan terlaksana pada 2023.

"2023 nanti sekitar 70 ETLE statis dipasang," ucapnya [ray]

Baca juga:
Pantang Mundur Tilang Elektronik
Menghitung Pemasukan Negara dari Denda Tilang
Korlantas Polri: 18 Juta Terekam ETLE, Cuma 600 Ribu Tilang Sampai ke Pelanggar
Aksi Pencurian di Lubuklinggau Makin Parah, Kamera ETLE Rusak Dijebol Pencuri
Siap-Siap, ETLE Berlaku di Kota Tangerang Mulai Pekan Depan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini