Takziah ke Rumah Duka Gus Sholah, Prabowo Sebut Kehilangan Tokoh Penting Islam

Senin, 3 Februari 2020 09:16 Reporter : Merdeka
Takziah ke Rumah Duka Gus Sholah, Prabowo Sebut Kehilangan Tokoh Penting Islam Menhan Prabowo melayat ke rumah duka Gus Sholah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah mengembuskan napas terakhir di RS Harapan Kita, Jakarta. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melayat ke rumah duka di Jalan Bangka Raya, Tendean, Pela Mampang, Jakarta Selatan.

"Kita hari ini, kita datang untuk menyampaikan penghargaan, penghormatan saya," kata Prabowo, Senin (3/2).

Dia menuturkan, kehilangan tokoh Islam yang sangat penting. "Kita kehilangan tokoh nasional, tokoh Islam yang menurut saya sangat penting. Kita sangat kehilangan. Semoga beliau diterima di sisi Maha Kuasa," pungkasnya.

Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942. Dia adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh HAM di Indonesia. Dia pernah menjadi anggota MPR pada masa awal reformasi 1998.

Gus Sholah juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia sempat mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan K.H. Wahid Hasyim dengan Sholehah. Dia merupakan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini