Tak Sengaja Tertembak Senapan Angin Temannya, Remaja di Probolinggo Tewas

Sabtu, 29 Mei 2021 14:00 Reporter : Muhammad Permana
Tak Sengaja Tertembak Senapan Angin Temannya, Remaja di Probolinggo Tewas Ilustrasi mayat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang remaja di Probolinggo tewas tertembak senapan angin. Korban tidak sengaja tertembak oleh temannya, menggunakan senapan angin milik orang lain.

Menurut polisi, korban bernama Eko Budi Hariyanto (18 tahun) warga Desa Sukorejo, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo harus meninggal dunia lantaran tertembak oleh senapan angin temannya. Peristiwa terjadi pada Kamis (27/05) sore, sekitar pukul 16.30 Wib (27/5) di Dusun Jambun, Desa Paiton Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

"Korban tertembak senapan angin dari temannya yang berinisial R, (15 tahun) yang tidak lain adalah tetangga korban," ujar Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Riski Santoso.

Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan beberapa saksi. Menurut Riski, kasus tersebut bagian dari kelalaian pelaku. "Karena pada saat itu pelaku tidak memeriksa senapan terlebih dahulu," tambah Riski.

Riski menjelaskan kronologi kejadian berawal dari pelaku yang sedang mengendarai sepeda motor dengan senapan angin diselempangkan ke belakang. Lalu disapa oleh korban yang sedang bersantai di ladang. Korban dan pelaku berbincang sebentar.

"Pada saat pelaku R hendak meletakkan senapannya, ternyata senapan tersebut aktif. Mengeluarkan tembakan yang tepat mengarah ke bagian dada korban," tutur Riski.

Keterangan sedikit berbeda disampaikan salah seorang tetangga korban, yang berinisial A. "Saat itu, keduanya sedang berjalan-jalan dengan menggunakan sepeda motor masing-masing. Keduanya bertemu di ladang dan saling bercengkrama," tutur A yang masih berkerabat dengan korban.

Pada saat itu ada 4 orang termasuk korban Eko dan pelaku R. Senapan angin dimiliki teman mereka yang berinisial L.

"Lalu pemilik senapan yang berinisial L ini pergi untuk mencari rumput dengan membawa celurit. Senapannya dititipkan ke korban dan pelaku, disuruh dibawa pulang," ujar A.

Sebagai teman sepermainan satu desa, korban dan pelaku sudah terbiasa berburu dan main dengan teman-teman sebayanya.

Namun pada saat hendak dibawa pulang, pelaku sempat bercanda dengan korban. Pelaku tidak sadar jika ternyata senapan tersebut aktif dan mengeluarkan peluru. Korban yang tertembak di bagian dadanya merasa kesakitan dan langsung ditolong oleh teman-teman ke puskesmas. "Pelaku R sempat panik dan ikut mengantar ke puskesmas," ujar A.

Sayangnya korban tidak tertolong dan langsung meninggal dunia.

Kasus tersebut sekarang ditangani oleh pihak Polres Probolinggo. Polisi mengamankan senjata dan pelaku yang masih di bawah umur. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini