Tak Lupa Kampung Halaman, Tjahjo Kumolo Pernah Bangun Jalan untuk Warga

Jumat, 1 Juli 2022 20:46 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Tak Lupa Kampung Halaman, Tjahjo Kumolo Pernah Bangun Jalan untuk Warga Tjahjo Kumolo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyisakan kenangan bagi warga di Kelurahan Mlatiharjo, Semarang.

Tjahjo berkontribusi dalam pengembangan lingkungan, baik sumberdaya manusia (SDM) maupun infrastruktur. Infrastruktur jalan yang dibangun sepanjang 400 meter telah dibangun dengan paving oleh Tjahjo Kumolo pada 2017 lalu.

"Beliau telah membantu pavingisasi jalan kampung dengan rata," kata Ketua RW 06 Mlatiharjo, Hari Bowo saat ditemui di rumah Jalan Citarum Utara Nomor 16, Jumat (1/7).

Terkait pengembangan SDM, Tjahjo pernah berkontribusi dalam bentuk diskusi dan solusi kepada masyarakat secara langsung. Semasa hidup, almarhum adalah sosok yang dianggap baik di lingkungan sekitarnya di Kota Semarang.

"Beliau baik sekali dengan lingkungan sekitar. Seringkali kalau ada permasalahan beliau memberikan solusi," ungkapnya.

Hari terakhir bertemu dengan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu saat kunjungan ke Semarang pada 2019. Meski sudah lama tidak beraktivitas Semarang, Tjahjo masih memiliki hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Saat berkunjung ke Semarang, politikus PDIP itu selalu menyempatkan untuk mampir.

"Mas Tjahjo itu sudah pindah KTP Jakarta lima tahun terakhir. Beliau orangnya ramah semasa di sini. Kalau ke sini selain di rumah selalu ngobrol sama tetangga," jelasnya.

Ketua RT03 Melatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Bambang Yuniarto, mengatakan Tjahjo Kumolo merupakan sosok yang dikenal baik di lingkungan sekitarnya. Almarhum bahkan sering memberikan solusi kepada masyarakat bila mendapati permasalahan.

"Beliau baik sekali dengan lingkungan sekitar. Seringkali kalau ada permasalahan beliau memberikan solusi," kata Bambang.

2 dari 2 halaman

Sekadar informasi, Kota Semarang menjadi tempat Tjahjo Kumolo untuk menimba ilmu. Mulai pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip).

Karir politik yang dijalani Tjahjo Kumolo tak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan kedua orangtuanya. Dimana pada era Orde Baru, kedua orang tua Tjahjo Kumolo merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kemudian, pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Tjahjo Kumolo dipercaya untuk menduduki posisi menteri. Pada 2014-2019 lalu, kader PDIP itu diamanahi jabatan Menteri Dalam Negeri Indonesia.

Mendekati masa akhir jabatannya, Tjahjo Kumolo juga sempat menjadi Pelaksana Tugas Menteri Hukum dan Asasi Manusia sebelum kemudian dilantik sebagai Menteri PAN-RB pada 23 Oktober 2019. [fik]

Baca juga:
Menaker: Tjahjo Kumolo Dedikasikan Sebagian Hidupnya untuk Bangsa dan Negara
Suasana Rumah Duka Tjahjo Kumolo
Sempat Jenguk Tjahjo Kumolo, Mahfud MD: Sudah Tidak Bisa Berkomunikasi
Duka Keluarga Iringi Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata
Cerita Wapres Soal Rajinnya Tjahjo Kumolo sebagai Menteri: Laporan dalam Bentuk Buku
Tjahjo Kumolo di Mata Gibran: Sosok Luar Biasa yang Rendah Hati
Wapres Ma'ruf Kenang Tjahjo Kumolo: Menteri Pekerja Keras, Sakit Masih Rapat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini