Tak Hanya Dihukum 5 Tahun Penjara, SIM Sopir Vanessa Angel Juga Dicabut

Senin, 11 April 2022 16:07 Reporter : Erwin Yohanes
Tak Hanya Dihukum 5 Tahun Penjara, SIM Sopir Vanessa Angel Juga Dicabut Sidang vonis sopir vanessa angel Tubagus Joddy di PN Jombang, Senin (11/4). ©2022 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Sopir artis Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya dihukum 5 tahun penjara dan denda Rp10 juta subsider 2 bulan kurungan. Tidak hanya itu, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jombang juga memberi hukuman tambahan, berupa pencabutan Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya.

Hukuman tambahan terhadap Joddy tertuang dalam amar putusan yang dibacakan majelis hakim diketuai Bambang Setyawan, Senin (11/4). "Menjatuhkan pidana berupa pencabutan Surat Izin Mengemudi (SIM) A Metrojaya atas nama Tubagus Muhammad Joddy selama 2 tahun," sebut Bambang.

Dalam pertimbangannya ini, hakim menyebutkan tentang pentingnya pembelajaran dalam perkara ini. Yakni tentang bahaya bermain ponsel saat berkendara dan bahaya tidak menaati peraturan batas kecepatan dalam berkendara, khususnya di jalan bebas hambatan maupun jalan raya biasa.

"Mengembalikan barang bukti berupa SIM A atas nama Tubagus Muhammad Joddy ke institusi Polri," tandas Bambang.

2 dari 4 halaman

Langgar UU Lalu Lintas

Sebelumnya, dalam amar putusan yang dibacakan secara bergantian, Ketua Majelis Hakim Bambang Setyawan menyebut terdakwa Joddy terbukti bersalah sebagaimana dalam dakwaan kedua yakni Pasal 310 ayat (4) Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009.

Majelis hakim menyatakan hal yang memberatkan Joddy yaitu perbuatannya menyebabkan seorang anak menjadi yatim piatu dan dianggap telah meresahkan masyarakat. Sementara hal yang meringankan antara lain terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya, belum pernah dihukum, serta keluarga korban telah memaafkannya.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp10 juta. Jika (denda) tidak dibayar maka diganti dengan hukuman pidana kurungan selama 2 bulan," tegas Bambang, Senin (11/4).

3 dari 4 halaman

Lebih Ringan dari Tuntutan

Menanggapi putusan hakim, terdakwa Joddy dan kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir. Demikian juga dengan jaksa penuntut umum (JPU).

"Pikir-pikir Yang Mulia," ujar Joddy singkat.

Sebelumnya, Joddy dituntut pidana selama 7 tahun penjara oleh JPU Kejari Jombang. Ia dianggap secara sah dan meyakinkan terbukti melanggar dakwaan alternatif kedua, melanggar Pasal 310 ayat (4) dan Pasal 310 ayat (2) Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tantang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Sebagaimana dengan fakta hukum tersebut, untuk itu unsur-unsur Pasal 310 ayat (4), dan Pasal 310 ayat (2) terbukti secara sah dan meyakinkan perbuatan terdakwa telah terpenuhi dalam delik unsur tersebut," kata JPU Adi Prasetyo.

4 dari 4 halaman

Tabrak Pembatas Jalan

Perkara ini bermula dari artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi meninggal dalam kecelakaan tunggal di Jalan Tol Jombang KM 672+300 masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kamis (4/11) siang.

Mobil Pajero dengan nomor polisi B 1264 BJU yang ditumpanginya menabrak beton pembatas jalan tol di sebelah kiri. Sopirnya Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) dan anaknya GL (1,7) dan asisten rumah tangga Siska Lorensa (21) mengalami luka dan selamat.

Joddy kemudian menjadi tersangka dalam kecelakaan itu. Dia lalu diadili dan dinyatakan bersalah. [yan]

Baca juga:
Sopir Vanessa Angel Divonis 5 Tahun Penjara
Menyesal, Sopir Artis Vanessa Minta Keringanan Hukuman pada Hakim
Sopir Vanessa Mengaku Keberatan Atas Tuntutan 7 Tahun Penjara
Sopir Vanessa Angel Dituntut 7 Tahun Penjara
Tuntutan Belum Siap, Sidang Sopir Vanessa Angel Ditunda Pekan Depan
Tak Kuasa Tahan Tangis, Ini Ungkapan Permintaan Maaf Tubagus Joddy ke Gala Sky

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini